Kapolda: Kami Ingin Pastikan Masyarakat Terlayani dengan Baik

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM/FAJAR.CO.ID, AMBON — Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, kembali memantau kesiapan personel di sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan arus mudik di Ambon, Sabtu, 30 April 2022.

Selain memantau kesiapan personel pengamanan yang tergabung dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Angkasa Pura, Basarnas dan lainnya di setiap pos yang dikunjungi, Kapolda juga memberikan bantuan berupa paketan sembako.

Kunjungan pertama di Pos PAM Jembatan Merah Putih, Kawasan Poka.

Kapolda lihat kesiapan personel dalam pengamanan lebaran termasuk malam takbiran nanti.

Dari Poka, Kapolda dan rombongan ke Laha untuk meninjau kesiapan Pos PAM Bandara Pattimura Ambon.

Saat meninjau area keberangkatan di Bandara Pattimura, Kapolda tampak berbincang dengan sejumlah calon penumpang, dan petugas Angkasa Pura.

“Hari ini kita bersama Lanud Pattimura dan Angkasa Pura bersama-sama melakukan pengecekan dan pelayanan masyarakat yang mudik tahun 2002 ini,” kata Kapolda .

Sejauh ini pelaksanaan kegiatan berjalan aman kondusif dan lancar, juga tidak ditemukan hal-hal yang menonjol.

“Informasi dari pengelola dan dari Lanud juga saya lihat seluruh personilnya dilibatkan dalam pengamanan khususnya di bandara ini,” katanya.

Kapolda tak henti mengimbau masyarakat untuk bisa melaksanakan mudik dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.

“Kami terus menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, menjaga jarak dan sebagainya dan ketentuan persyaratan-persyaratan yang lain,” pintanya.

Kapolda mengaku mendapat laporan dari Danlanud Pattimura bahwa pihaknya juga menyiapkan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mengikutinya baik vaksin dosis satu, dua dan booster.

“Jadi masyarakat yang belum tervaksin bisa memanfaatkan, ini hal yang positif dan baik, terus kami berharap pelayanan ini dipertahankan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Selain memperhatikan Prokes, Kapolda juga mengingatkan masyarakat yang melaksanakan mudik agar dapat menyesuaikan waktu dan jadwal keberangkatan, sehingga tidak tertinggal.

“Kemarin saya cek di pelabuhan dan hari ini bandara semuanya dapat berjalan sesuai perencanaan dan juga petugas semua untuk kita fokus sampai selesai operasi, jadi tidak hanya pada saat layanan mudik nanti pelayanan kembali masyarakat mudik ini juga harus kita maksimalkan sampai selesainya operasi Ketupat tahun 2022,” pintanya.

Usai memantau Pos Pengamanan dan arus mudik, Kapolda dan rombongan yang diantaranya terdapat pihak Jasa Raharja melanjutkan pemantauan ke Pelabuhan Penyeberangan Ferry Hunimua, Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolda tampak melihat pos pengamanan dan pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Waai. Ia juga melihat kondisi KMP Inelika yang akan menyeberang ke Waipirit, sambil berbincang dengan sejumlah penumpang di lantai dua Ferry tersebut.

Dari Pelabuhan penyeberangan Hunimua, Kapolda juga memantau situasi arus mudik di Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu. Ia juga sempat mengecek kondisi Kapal Cepat Express Priscillia 99 yang akan berangkat ke Amahai. Ia juga sempat berbincang dengan para calon penumpang.

Tak sampai disitu saja, Kapolda juga meninjau pos Pengamanan dari Ditpolairud Polda Maluku di dermaga Hurnala. Ia pun memeriksa sejumlah peralatan operasi yang digunakan.

Dari Tulehu, Kapolda juga mengecek pos PAM terakhir yang ditinjau hari ini yakni di Ambon City Center (ACC) bilangan Passo, Kota Ambon.

“Intinya kami ingin masyarakat terlayani dengan baik, sehingga mereka dapat melaksanakan mudik dengan aman dan sehat,” harapnya. (AN)

  • Bagikan