Vaksinasi di Kampus IAKN Ambon, BINDA Sasar 500 Orang

  • Bagikan

AMBON — Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Maluku masih terus melakukan percepatan vaksinasi di Kota Ambon. Kali ini, vaksinasi digelar di Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Rabu, 27 April 2022.

Kepala BINDA Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E, mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi di Aula Kampus IAKN Ambon itu, Binda Maluku menyasar sebanyak 500 orang yang terdiri dari mahasiswa/i, dosen, pegawai kampus maupun warga sekitar.

“Vaksinasi ini berjalan atas kerjasama BINDA Maluku dan Polda Maluku, yang sama-sama menurunkan tim tenaga kesehatannya (Nakes),” kata Jimmy, kepada RakyatMaluku.com.

Menurutnya, rata rata mahasiswa dan dosen telah menerima vaksinasi dosis I dan II, sehingga banyak dalam pelaksanaan kali ini lebih menyasar untuk pelaksanaan vaksinasi booster atau tahap III.

“Meski demikian, pelaksanaan vaksinasi hari ini juga melayani mahasiswa/i, dosen, pegawai kampus, bahkan masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dosis I atau II. Dan jenis vaksin yang dipakai dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini adalah vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer,” tutur Jimmy.

Dia menjelaskan, secara umum tujuan vaksinasi kali ini untuk meningkatkan herd immunity para mahasiswa/i serta dosen dan pegawai Kampus IAKN Ambon. Dan secara khusus, vaksinasi di Kampus IAKN Ambon ditujukan dalam rangka mencegah adanya klaster baru di dalam kampus tersebut.

Selain itu, vaksinasi kali ini juga menyasar bagi setiap mahasiswa/i, dosen, pegawai kampus, dan masyarakat sekitar yang ingin melaksanakan mudik, dengan syarat harus mengikuti vaksinasi dosis III agar tidak perlu menyertakan surat negarif Rapid Tes atau PCR.

“Sehingga hal tersebut memudahkan siapa saja yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis I, II, dan III. Dan untuk diketahui bahwa vaksinasi di siang hari tidak membatalkan ibadah puasa bagi yang beragama Islam, sesuai dengan Fatwa MUI Nomor: 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa,” jelas Jimmy.

Vaksinasi yang terus dilakukan oleh BINDA Maluku juga, lanjut Jimmy, untuk meningkatkan capaian vaksinasi Dosis II di Provinsi Maluku yang masih berada dibawah 70 persen, sekaligus mempercepat pelaksanaan vaksinasi Booster atau tahap III kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis I dan II.

“Maka itu, kegiatan vaksinasi akan terus diadakan di kabupaten/ kota seluruh wilayah Provinsi Maluku, khususnya di kampus kampus, seiring untuk meningkatkan capaian Vaksinasi Provinsi Maluku,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dr. Yance Zadrak Rumahuru, MA, para dosen dan pegawai Kampus IAKN Ambon. (*)

  • Bagikan