3.530 Personel Gabungan Siap Amankan Idul Fitri

  • Bagikan

AMBON — Sebanyak 3.530 personel gabungan TNI dan Polri serta unsur lainnya dikerahkan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Provinsi Maluku.

Untuk memastikan perayaan Idul Fitri nanti berjalan aman dan lancar, Polda Maluku pun mengelar Apel Pasukan Pengamanan Operasi Ketupat Salawaku 2022.

Apel pasukan itu, dipimpin langsung Gubernur Maluku, Murad Ismail dan berkesempatan membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kesiapan pasukan langsung ditinjau Gubernur Murad, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Danrem 151/Binaiya Brgjen TNI Maulana Ridwan, Danlantamal IX/ Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kepada wartawan mengatakan, ribuan personel gabungan yang siap mengamankan Idul Fitri di Maluku itu terdiri dari 2.478 anggota Polri, 402 prajurit TNI, dan sisanya 650 personel dari berbagai instansi lainnya.

“Jumlah keseluruhan ada 3.530 personel gabungan,” kata Kapolda usai Apel Gelar Pasukan, kemarin.

3.530 personel gabungan ini, lanjut Kapolda, akan disiagakan di 47 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan serta empat pos pengamanan terpadu.

Pos pengamanan dan pos pelayanan yang dibentuk juga tersebar mulai dari rumah ibadah, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara serta sejumlah tempat strategis lainnya.

“Bersama TNI dan instansi terkait lainnya sudah melakukan rapat koordinasi kesiapan pengamanan termasuk juga penegakan protokol kesehatan selama arus mudik,” tutur
Kapolda.

Sebelumnya, tambah Kapolda, pihaknya bersama TNI dan
instansi terkait telah mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) tentang kesiapan-kesiapan untuk kegiatan tersebut.

“Kita juga dengan Dinas Kesehatan khususnya karena intinya, Presiden memberikan keleluasaan kepada masyarakat Tahun ini diperbolehkan mudik namun tetap dengan memenuhi persyaratan protokol kesehatan,” terang mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini.

Di Maluku, lanjut orang nomor satu di Polda Maluku ini bahwa untuk transportasi mudik, Dinas Perhubungan Maluku telah menyiapkan
angkutan mudik gratis melalui kapal dan segalanya.

“Saya mengimbau masyarakat untuk dapat manfaatkan ini dan tentunya dipenuhi persyaratan kesehatan,” ujarnya.

Khusus bahan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM)
dalam keadaan aman.


‘Jangan ada kwatir. Dan jika mungkin di perjalanan ada informasi-informasi yang berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran kaitannya sembako dan sebagainya. Maka segera diinformasikan kepada kita. Sebab, itu konsum kita agar masyarakat yang melalaikan mudik dengan aman, nyaman dan sehat,” pesannya. (AAN)

  • Bagikan