600 Personel Gabungan Disiagakanuntuk Penahbisan Uskup

  • Bagikan

AMBON — Besok, Sabtu, 23 April Penahbisan Uskup Keuskupan Diosis Amboina akan digelar di Katedral St Fransiskus Xaverius Ambon. Pentahbisan ini juga dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Guna memastikan agar penahbisan Mgr Senin Ngutra berjalan baik, maka Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease melakukan pengamanan secara ketat.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 600 personel gabungan dikerahkan.

“600 personel itu dari gabungan TNI-Polri, Pemda, Dishub dan Satpol PP. Jadi kita pengamanan Gabtib Lalu Lintas (lalin),” kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease Kombes Pol Raja Arthur Lumongan Simamora, kepada wartawan usai Apel Pergeseran Pasukan di Lapangan Merdeka, Kamis, 21 April 2022.

Tak hanya pengamanan di jalan, di lokasi kegiatan hingga tempat inap para undangan pun dijaga.

“Sudah digeser karena mulai dari pagi sampai siang ini sudah datang tamu-tamu uskup dari Indonesia,” ungkapnya.

Kapolresta menjelaskan, proses pengamanan dimulai sejak 21 April hingga 27 April 2022.

“Pengamanan akan dilakukan sampai rangkaian selesai, puncaknya dihadiri Menteri Agama tanggal 23 April, kemudian nantinya tanggal 24 April ada misa oleh uskup baru, 25-26 kegiatan ramah tamah dan 27 April misa terakhir oleh uskup PC Mandagi, 27 tahun karya pengembalaan di Maluku dimungkinkan menjadi perhelatan besar,” terang Kapolresta.

Kapolresta menambahkan, proses pengamanan tetap dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Untuk diketahui, Sabtu, 23 April, Uskup Keuskupan Amboina Mgr Senin Ngutra akan ditahbiskan dengan moto Duc In Altum menuju ke tempat yang dalam.
Uskup ditahbiskan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo sebagai penahbis utama, Uskup Petrus Canisius Mandagi sebagai Penahbis 1 dan Uskup Benedictur Rolly Untu sebagai Penahbis 2. (AAN)

  • Bagikan