Pemerintah Pastikan Stok BBM Aman

  • Bagikan

AMBON — Pemerintah Provinsi Maluku memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan bahan pokok (bapok) termasuk minyak goreng jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022, aman.

“Kami mengawal kelancaran distribusi bapok ke pasar-pasar rakyat di wilayah masing-masing dengan cara berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Pelindo, dan Satgas Pangan daerah masing-masing untuk memberikan prioritas distribusi,” kata Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Yahya Kotta, dalam Rapat Koordinasi (Rakor)
lintas sektoral yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif di Rupatama Polda Maluku, Rabu, 20 April 2022.

Guna menjaga stok tetap stabil di pasar, Kadisperindag mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait agar memprioritaskan bongkar muat di pelabuhan bagi komoditas barang kebutuhan pokok.

“Kita juga melaksanakan operasi pasar untuk memberikan akses pangan murah bagi masyarakat menjelang Lebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Sementara Sales Area Manager Retail PT Pertamina Wilson Eddie Wijaya, juga memastikan bahwa stok BBM tetap aman

“Ketersediaan stok BBM Provinsi Maluku, Pertalite selama 16 hari, Pertamax selama 20 hari. Pertamina juga menambah stok minyak tanah sebanyak 12 persen,” katanya.

Menurutnya, ketersediaan BBM di Maluku hingga berakhirnya Idul Fitri dalam kondisi aman. Bahkan, dalam waktu dekat ini masih ada kapal yang masuk dengan stok BBM.

“Distribusi BBM disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Jadi dipastikan tidak ada kelangkaan BBM,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Muhammad Malawat, mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya soal armada kapal untuk melayani mudik. Bahkan, Pemda Maluku akan melakukan mudik gratis.

“Program mudik gratis yang digagas oleh Bapak Gubernur Maluku juga akan dilakukan,” pungkasnya.

Terkait pengamanan, Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saipudin mengatakan akan melaksanakan operasi Ketupat Salawaku 2022.

Menurutnya, operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 12 hari ke depan. Operasi Harkamtibmas ini mengedepankan preemtif, preventif yang didukung dengan penegakan hukum dan bantuan operasi.

“Pengamanan dilaksanakan dengan percepatan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan. Ini untuk mencegah penyebaran wabah covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Pengamanan lanjut Karo Ops, akan dilakukan di sejumlah tempat keramaian seperti mall, pasar, tempat rekreasi, dan juga rumah-rumah ibadah.

“Kami juga akan melakukan pengamanan dan pengawasan di lokasi wisata yang berpotensi menimbulkan korban jiwa seperti pantai dan pegunungan, juga terhadap penimbunan dan penghambatan distribusi sembako, minyak goreng dan BBM,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat dibolehkan mudik dengan syarat sudah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan atau booster.

Ia mengimbau pengguna jalan agar dapat mematuhi kamseltibcarlantas. Sehingga perjalanan menjadi aman, tertib, lancar dan selamat.

Dikatakan, dalam Operasi Ketupat Salawaku 2022, pihaknya siap didukung oleh TNI dan instansi terkait lainnya.

“Kekuatan Personel Operasi Ketupat Salawaku 2022 yaitu TNI 402 Personel, Polri 2.478, Instansi terkait 650,” jelasnya.

Dalam operasi tersebut, Polda Maluku juga membuka Pos Pengamanan sebanyak 42 Unit, Pos Pelayanan 27, dan Pos Terpadu 4 Unit. (AAN)

  • Bagikan

Exit mobile version