4 Menteri Bakal Nyapres

  • Bagikan

JAKARTA — Pengamat politik Adi Prayitno menanggapi empat menteri yang pengin mencalonkan diri menjadi presiden pada Pilpres 2024. Empat menteri itu adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Adi mengatakan hal itu sudah menjadi budaya politik di Indonesia.

“Sudah jadi kultur budaya kita, seorang elite juga suka menyambi dengan kegiatan-kegiatan politik yang lain, seperti menyambi menjadi capres,” kata Adi kepada JPNN.com, Minggu (17/4).

Adi pun memprediksi Jokowi tidak bakal mencopot keempat menterinya itu lantaran Jokowi sendiri sudah mempersilakan para menterinya bekerja untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

“Iya, Jokowi sendiri yang mempersilakan mereka bekerja untuk meningkatkan popularitas, artinya presiden enggak khawatir,” ujar Adi.

Mengejutkan Anda Dia menambahkan keempat menteri itu diprediksi juga tidak bakal mengundurkan diri sebagai pembantu presiden meski bakal maju di Pilpres 2024.

“Tidak mungkin, karena menteri itu menikmati double track yang dimainkan, satu sisi sebagai menteri,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu.

“Satu yang lainnya juga dianggap sebagai upaya memperlihatkan kinerja kepada publik, agar bisa dinilai sebagai orang yang juga pantas bertanding di 2024,” sambung Adi.

Kabar empat menteri pengin jadi presiden itu muncul dari politikus senior PDI Perjuangan Panda Nababan. Panda mengungkapkan Presiden Jokowi telah mengonfirmasi empat menteri itu bakal menjadi capres pada Pilpres 2024. (jpnn)

  • Bagikan