Henz Songjanan Dilantik jadi Prajurit TNI

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM — AMBON, — Henz DJ Songjanan, resmi menjadi prajurit TNI AD setelah dia bersama ratusan siswa Pendidikan Pertama (Dikmata) Tamtama lainnya dilantik Pangdam XVI/Pattimura di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam), Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis, 14 April 2022.

Dilantiknya pria blesteran Myanmar-Indonesia ini, tak lepas dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Henz sebelumnya dicopot ketika mengikuti Dikmata TNI AD.

Henz Songjanan mengatakan kalau dirinya begitu senang karena telah bergabung dengan TNI, jadi prajurit dua (Prada).

“Pelepasan pakai itu hari Kamis tanggal 7 April 2022. Kemarin (Rabu) ditarik ulang langsung dari bapak Panglima TNI. Saya sangat senang,” kata Henz DJ Songjanan, kepada wartawan di Rindam usai pelantikan Tamtama.

Saat dicopot, dirinya kecewa dan putusan. Tapi, dorongan keluarga sehingga dia dapat bertahan hingga akhirnya ditarik kembali.

“Dorongan dari keluarga saya lebih semangat lagi.
Saya tidak tahu ditarik kembali. Awalnya Saya share di media sosial, saya ditarik tapi tidak begitu yakin, nanti setelah saya telepon dari Rindam baru saya lebih percaya,” terangnya.

Dia juga berterima kasih kepada media karena telah membantu dengan pemberitaan sehingga ia dapat diangkat menjadi prajurit TNI AD.

“Media sangat luar biasa karena dapat menunjang masa depan saya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ibu Henz, Costansa Songjanan memaparkan bahwa semua ini tak lepas dari campur tangan Tuhan.

“Karena Tuhan punya kuasa sehingga beta (saya) bisa datang ke sini dalam acara pelantikan.
Terima kasih juga buat Ibu Brigitta Lasut, Bapak Panglima TNI, Bapak Kasad, Pangdam XVI/Pattimura, Danrindam, dan Dandim Tual,” ucapnya.

Termasuk pers yang selama ini telah membantu dalam pemberitaan. Dengan pemberitaan, pimpinan TNI dapat merespon keluhan mereka.

“Terima kasih pers yang telah membantu sehingga anak saya ini hari (Kamis) telah dilantik. Kiranya (pers) selalu dan berkarya membantu orang-orang kecil,” pungkasnya.

Sementara Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan kalau semua ini tak lepas dari pimpinan TNI dan TNI AD.

“Perintah Bapak Kasad kepada saya, urus semua administrasinya sehingga legal, sah dari Dukcapil sehingga Henz bisa dilantik. Ini jalan Tuhan juga. Semoga anaknya bisa jadi prajurit yang baik,” tandas Pangdam.

  • Bagikan