KASAD: Pangdam yang Urus Administrasi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM — AMBON, — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman akhirnya bersuara terkait Hens Songjanan yang batal dilantik sebagai anggota TNI/AD.

KASAD menegaskan, status Hens akan kembali dipanggil untuk mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II tahun 2021, asalkan seluruh kelengkapan administrasinya segera diurus.

Untuk itu, KASAD memerintahkan Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, dibantu Gubernur Maluku, Irjen. Pol (Purn) Drs. Murad Ismail untuk mengurus seluruh kelengkapan administrasi Dukcapil/ status kewarganegaraan keluarga Hens DJ Songjanan menjadi WNI.

Sehingga, kata KASAD, administrasinya cepat selesai dan yang bersangkutan (Hens Songjanan) kembali dipanggil untuk mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II tahun 2021, dilanjutkan acara pelantikan yang dijadwalkan pada 16 April 2022 mendatang.

“Dengan memenuhi syarat itulah, maka Hens DJ Songjanan dipanggil kembali untuk mengikuti pendidikan dan Minggu depan sudah mulia dilantik,” ungkap Jenderal Dudung, dalam jumpa pers di Lobi VIP Room Pemda, Bandara Pattimura Ambon, Rabu, 13 April 20221, siang.

Menurut Jenderal Dudung, akar permasalahan dari semua ini adalah ayah dari Hens DJ Songjanan, yakni Mikael Songjanan, seorang warga Myanmar yang sejak menikah dengan ibu dari Hens DJ Songjanan (warga Kota Tual), tidak mengurus administrasi Dukcapil/ status kewarganegaraan Indonesia atau WNI.

“Yang bersangkutan ini kan hanya anak, jadi yang salah ayahnya. Maka itu, sebagai KASAD selain melihat faktor kemanusiaan, yang bersangkutan juga sangat bersemangat mengikuti pelatihan di TNI AD. Dan saya yakin orangtuanya juga ingin anaknya menjadi seorang prajurit TNI,” terangnya.

Di kesempatan itu, Gubernur Maluku, Irjen. Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, mengaku bahwa dirinya hanya ingin agar Songjanan dapat menjadi seorang prajurit yang memiliki mental tangguh dan menjadi kebanggan bagi masyarakat Maluku nantinya.

“Dengan lolosnya Songjanan menjadi prajurit TNI AD Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, ada harapan kelak dia dapat menjadi prajurit yang tangguh dan kebanggan bagi masyarakat Maluku,” harapnya.

Usai jumpa pers, Jenderal Dudung beserta istri, rombongan langsung take off dari Bandara Pattimura Ambon menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Selain gubernur, turut hadir mendampingi Jenderal Dudung saat jumpa pers di Bandara Pattimura Ambon di antaranya, Pangdam XVI/ Pattimura, Kapolda Maluku, Danrem 151/ Binaiya, dan Kajati Maluku.

Untuk diketahui, Hens DJ Songjanan adalah salah satu siswa Dikmata Rindam XVI/ Pattimura yang sebelumnya viral di media sosial (Medsos) karena diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) dari Dikmata TNI AD Gelombang II tahun 2021, akibat pemalsuan kelengkapan administrasi Dukcapil/ status kewarganegaraan ayahnya.

  • Bagikan