BINDA Vaksinasi Warga Binaan Lapas Perempuan Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Maluku terus melakukan percepatan vaksinasi di Kota Ambon. Kali ini, kegiatan vaksinasi digelar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas IIIA Ambon, Kamis, 14 April 2022.

Kepala BINDA Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E, mengatakan, dalam vaksinasi tersebut BINDA Maluku menyasar 100 orang yang terdiri dari warga binaan dan para pegawai Lapas setempat.

“Vaksinasi ini atas kerjasama BINDA Maluku dengan Lantamal IX Ambon dan Kanwil Kemenkumham Maluku, khususnya Lapas Perempuan Klas IIIA Ambon, dan Lantamal IX Ambon yang menurunkan satu Tim Nakes,” kata Jimmy, kepada RakyatMaluku.com.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi yang digelar pada pagi hingga siang hari di bulan puasa (Ramadhan) ini, tidak membatalkan puasa, sesuai dengan fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI. Sehingga, warga binaan maupun pegawai Lapas dapat mengikuti kegiatan vaksinasi secara langsung di Aula Lapas Perempuan Klas IIIA Ambon.

“Rata rata warga binaan dan pegawai Lapas Klas IIIA Ambon telah mengikuti vaksinasi tahap I dan II, sehingga banyak dalam pelaksanaan kali ini lebih menyasar untuk pelaksanaan vaksinasi booster atau tahap III,” ungkap Jimmy.

Dia menjelaskan, secara umum tujuan vaksinasi kali ini guna meningkatkan herd immunity bagi para warga binaan dan pegawai Lapas setempat. Sedangkan secara khusus, kegiatan vaksinasi ini dalam rangka mencegah adanya klaster baru di dalam Lapas Perempuan Klas IIIA Ambon.

“Di samping itu, pelaksanaan vaksinasi hari ini sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun. Jenis Vaksin yang dipakai dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini adalah vaksin Astrazaneka dan Pfizer,” jelas Jimmy.

Dikatakan Jimmy, vaksinasi yang terus dilakukan oleh BINDA Maluku juga ditujukan untuk meningkatkan capaian vaksinasi Dosis II di Provinsi Maluku yang masih berada dibawah 70 persen. Ditambah lagi guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi Booster atau tahap III kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis I dan II.

“Kegiatan vaksinasi akan terus diadakan di kabupaten/ kota seluruh wilayah Provinsi Maluku, khususnya di Lembaga Permasyarakatan, seiring untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Maluku,” pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Lapas Perempuan Klas III Ambon, Ellen M. Risakotta. (*)

  • Bagikan