Rombongan Kasad TNI Kecelakaan di Papua

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM — MERAUKE, – Peristiwa kecelakaan lalu lintas menimpa rombongan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kabupaten Merauke, Papua, Selasa 12 April 2022.

Dalam kejadian ini satu perwira TNI AD, Letnan Dua CPM, I Kadek Suhardiyana, Pama Denpom XVII/3 Merauke meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun, I Kadek Suhardiyana dilaporkan meninggal dunia saat di RSUD Merauke, sekitar pukul 13.50 WIT.

Sementara itu, tiga orang yang merupakan wartawan mengalami luka-luka. Salah satu korban luka diketahui bernama Roy Darsono, Wartawan Metro TV.

“Benar, telah terjadi kecelakaan mobil TNI bertepatan dengan kunjungan Kasad meninjau prajurit di Satgas Yonif 123/RW di Sota, Merauke,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam siaran pers.

Jenderal bintang satu itu menerangkan satu perwira TNI, Letda Cpm I Kadek Suhardiyana meninggal dunia.

Selain itu, tiga awak media, yang mengikuti kunjungan kerja Kasad, mengalami luka-luka.
“Saat ini para korban sudah di evakuasi ke Rumah Sakit Angkatan Laut, Merauke,” jelas dia.

Menurut Tatang, pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Namun, Tatang menduga insiden itu merupakan kecelakaan tunggal, di mana kendaraan yang digunakan berada di luar rombongan utama Kasad.

“Diduga pengemudi mengantuk sehingga keluar dari badan jalan dan pada saat mencoba kembali ke badan jalan mobil tersebut hilang keseimbangan dan terguling,” jelas dia.

Di AMBON

Sementara kunjungannya di Maluku, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan istri Ibu Rahma Dudung Abdurachman, disambut Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail bersama istri Ibu Widya Pratiwi Murad, di VIP Room Bandar Udara (Bandara) Internasional Pattimura Ambon, Selasa, (12/04/2022).

Saat tiba di Bandara Pattimura menggunakan pesawat Boeing nomor punggung N881SG, kepala daerah langsung mengalungkan kain khas Tenun Maluku kepada Jenderal Dudung. Ibu Widya juga nampak memberikan kain tenun kepada Ibu Rahma.

Penjemputan ini, dirangkai dengan acara Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat oleh Ketua Majelis Latupati Provinsi Maluku Ibrahim. M. H. Wokas kepada Jenderal Dudung sebagai Pemimpin Besar Tangguh Pelindung Rakyat (Kapitan Kabaresi Elake Saka Mese).

Dalam prosesi gelar kehormatan tersebut, Ketua Majelis Latupati memakaikan Jenderal Dudung jubah adat, mahkota kebesaran serta pemberian tongkat adat kehormatan, begitu juga dengan istri Ketua Majelis Latupati yang memakaikan salempang kepada Ibu Rahma.

Penanda penganugerahan gelar yang terakhir, diakhiri dengan penginjakkan kaki secara bersama-sama oleh Jenderal Dudung bersama istri, diatas tanah yang diisi didalam tempayang ukuran sedang. Tanah tersebut berasal dari Pulau Babi, Kabupaten SBB.

Kunjungan Eks Pangkostrad ke Kota Ambon ini untuk bersilaturahmi dengan Panglima Komando Utama (Pangkotama) di tingkat Kodam dan Korem, juga jajaran di tingkat bawah.

Selain kepala daerah, turut menjemput Jenderal Dudung di antaranya sejumlah pimpinan Kodam XVI/Pattimura/Polda Maluku, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Ketua Majelis Latupati se-Jazirah H. Ali Slamat dan lainnya.

Dalam kunjungannya ke Maluku, Jenderal Dudung menggelar acara silaturahmi dan buka puasa bersama di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Kediaman Pangdam Pattimura, Jl. Dr.Malaiholo, Ambon.

Dalam silaturahmi itu hadir juga Walikota Ternate DR.M.Tauhid Soleman, M.Si, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, para staf Kodam Pattimura, dan para bupati se-Maluku dan Maluku Utara.

(Jpnn-rls)

  • Bagikan