Pilkades Serentak Aman

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM — AMBON, — Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Sekretaris Kota Agus Ririmasse juga Forkopimda, memantau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di beberapa TPS, Kamis 7 April 2022. Pilkades serentak berjalan dengan aman.

“Seperti yang dilihat, pantaun Pilkades tadi di Desa Waiheru, Desa Negeri Lama, Desa Poka, Desa Wayame, Hative Kecil dan Galala berjalan dengan aman terkendali,” katanya kepada wartawan.

Louhenapessy sangat optimis pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang berlangsung di Kota Ambon dapat diselesaikan tanpa ada sengketa.

“Saya sangat optimis tidak ada sengketa, karena yang saya lihat persiapan cukup bagus,” ujarnya.

Ia mengakui partisipasi masyarakat juga luar biasa karena dan prosesnya sangat transparan. Oleh karena itu, kemungkinan untuk adanya sengketa itu sangat kecil.

Pada kesempata itu, Louhenapessy memberikan apresiasi kepada seluruh OPD Pemkot yang telah bekerja keras, sebab dari pengalaman mereka menunjukan tingkat kedewasaan penyelenggaraan pemerintahan yang bagus dibuktikan dengan proses Pilkades 8 Desa dan 1 Negeri tidak ada hal gangguan serius.

“Ini juga berkat dukungan dari pada forkopimda kota yang seluruhnya terlibat dalam rangka bersama-sama untuk mensuport kemajuan Ambon ke depan,” ucapnya.

Ditambahkan, Pemkot Ambon mendorong masyarakat yang ada di desa dan negeri untuk berpartisipasi untuk sukseskan pilkades.

“Intinya seluruh masyarakat yang ada di desa dan negeri kita dorong untuk berpartisipasi, kadang-kadang kelemahan administrasi tidak masuk pada daftar pemilih tapi punya KTP di desa itu yang kita ambil kebijakan silahkan daftar setelah jam 12 baru mereka melakukan pencoblosan,”katanya.

Ia juga menghimbau kepada saksi bahwa boleh beda pendapat namun jika ada beda pendapat silahkan diselesaikan secara kekeluargaan.

Untuk diketahui, adapun lokasi peninjauan yang dilakukan Walikota Ambon bersama rombongan dan Forkopimda yakni, Desa Waiheru, Desa Poka, Desa Wayame, Desa Negeri Lama dan Desa Hunuth.

  • Bagikan