Rapat Tim Pokjanal Posyandu, Ini Harapan Sekda Lewat Asisten I

  • Bagikan

 

AMBON-Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya dalam promotif dan prefentif kepada masyarakat. Utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak.

Demikian sambutan Plt Sekda Maluku, Sadali Ie, yang dibacakan Asisten I Setda Maluku, Semuel Huwae, ketika membuka rapat tim Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di lantai II Kantor Gubernur Maluku, Kamis (7/4/2022).

Dikatakan, pentingnya lembaga posyandu di tengah-tengah masyarakat sudah ditegaskan dalam Surat Edaran Mendagri dan Otnomi Daerah Nomor 411.3/ 1116/SJ Tahun 2021 tertanggal 13 Juni 2021 tentang pedoman umum revitalisasi Posyandu yang meminta diaktifkan kembali Pokjanal Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan.

“Pokjanal Posyandu yang bergerak dan koordinasi lintas sektoral dalam rangka pembinaan, fasilitasi, dan advokasi terhadap kelembagaan Posyandu baik ditingkat Provinsi, kabupaten dan kota, Kecamatan bahkan hingga Desa serta kelurahan. Memiliki tanggungjawab yang besar dalam menguatkan kelembagaan Posyandu,”terangnya.

Olehnya itu, kata dia, Pokjanal Pasyandu, harus sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengoptimalkan kinerja dan mengembangkan program Posyandu, sehingga pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyatakat pada tingkatan paling bawah dapat terpenuhi.

“Pengalaman membuktikan bahwa jika penyelenggaraan Posyandu yang baik, maka pemenuhan kebutuhan dasar, pengembangan anak akan baik pula. Sebaliknya bila kinerja Posyandu tidak baik maka status gizi anak dan perkembangan anak akan terganggu,”ingatnya.

Untuk itu, harap Sekda, semua pihak harus mendukung operasionalisasi Posyandu, sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam peningkatan tumbuh kembang bayi dan b pada saatnya nanti mereka menjadi tunas-tunas bangsa yang berkualitas.

“Melalui rapat ini diharapkan tim Pokjanal Posyandu Provinsi Maluku, yang terdiri dari pimpinan serta pejabat pada OPD terkait dapat mensinergikan program dan kegiatan pada OPD masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi tim Pokjanal Posyandu Provinsi serta dapat membangun komitmen bersama,”harapnya.

Ditambahkan, dalam mengimplementasikan tugas melalui program kerja dari masing-masing instansi agar memberikan kontribusi bahkan mendongkrak penilaian indikator strategis Posyandu.” Mulai dari pembinaan kader, keterpaduan pelayanan infrastruktur penunjang dan lain sebagainya. Ini agar setiap tahun ada pertambahan jumlah Posyandu yang naik stratanya terutama strategis mandiri,”pungkasnya.(Diskominfo Maluku)

  • Bagikan