MI-Herman Itu Bagus

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM — AMBON, — Wacana Murad Ismail (MI) yang digadang-gadang bakal menggaet Herman Koedoeboen sebagai calon Wakil Gubernur di kontestasi Pilkada 2024 mendapat tanggapan dari akademisi politik Universitas Pattimura, John Tehuwayo.

Menurut Tehuwayo, kendati MI akan berpasangan dengan Herman Koedoeboen masih bersifat wacana, namun dinilai bagus karena Herman merupakan representatif dari masyarakat di wilayah Maluku Tenggara.
‘’MI-Herman itu bagus, kecenderungan dari prespektif kewilayahaan memberikan prospek untuk meningkatkan dukungan suara,’’ kata Tehuwayo saat diwawancarai Rakyat Maluku, Rabu, 6 April 2022.
Ditambahkan, sejauh ini memang MI belum menunjukan sikap, terkait tawaran berpasangan dengan Herman sehingga publik masih bisa menilai bahwa wacana itu hanya sebatas untuk membangun opini publik.
‘’Bisa saja publik menilai bahwa wacana ini sengaja dimainkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk mengganggu elektoral wilayah tenggara raya dari upaya Jeffry Apoly Rahawarin yang dikabarkan akan bertarung melawan MI di Pilgub mendatang.

 

Dalam pengamatan Tehuayo, selain MI belum meresponi tawaran berpasangan dengan Herman, sejauh ini MI masih nyaman dengan wakilnya sekarang yaitu Barnabas Orno.
Di sisi lain, ia juga mengatakan, Herman Koedoeboen sendiri belum menyampaikan sikapnya, apakah bersedia mejadi wakil dari MI, karena dalam pilgub sebelumnya, Herman adalah lawan MI.
Ditambahkan, sikap diam MI yang belum meresponi tawaran berpasangan dengan Herman, bisa jadi agar menguntungkan pihaknya karena
peran politik Herman yang selalu bertarung sebagai calon gubernur, bahkan kapasitas serta basis politik herman yang cukup jelas.
Sementara itu, terkait wacana MI akan berpasangan dengan Herman Koedoeboen ini, Rakyat Maluku mendapat informasi, kendati belum mengeluarkan penryataan resmi, MI cukup meresponinya.
Selain MI, Herman juga sepertinya mulai memberikan lampu hijau.
‘’Pak MI cukup meresponi karena ini adalah peluang bagi beliau. Apa lagi ketika wacana ini muncul, cukup mendapat respons yang banyak dari publik. Pak Herman juga keliatannya perlahan sudah mulai memberikan lampu hijau,’’ kata sumber terpercaya Rakyat Maluku. (**)

  • Bagikan