Press Conference MMKSI – Sales and After Sales Activities in IIMS Hybrid 2022

  • Bagikan

Narasumber :

Intan Vidiasari , General Manager Marcomm and PR Division PT MMKSI

Amiruddin, General Manager of Sales and Marketing Division PT MMKSI

Boedyarto, General Manager After Sales Division PT MMKSI

Budi Daulay, , Group Head of Regional Sales on Sales & Marketing Division PT MMKSI

Muhammad Arwani, Deputy Group Head Sales and Marketing Planning and Operation MMKSI

Sesi Tanya Jawab

Ikhsan – Inilah.com

Seperti yang terjadi belakangan ini, event JAW dan IIMS sangat dekat jaraknya. Bagaimana MMKSI melihat kontribusi pameran seperti JAW dan IIMS?

Berapa target penjualan pada IIMS 2022?

Merefer pada perilaku konsumen, apakah periode Ramadan dan menjelang lebaran akan turut mendongkrak penjualan?

Jawaban

Amiruddin

Kita juga melihat aktivitas dan even pameran berskala besar sepertti JAW dan IIMS ini juga merupakan hal yang sangat penting untuk mendorongpenjjualan. Karena even besar dan sosialisasi jua sangat besar.

Seiring dengan turunnya pandemic kami juga harapkan penjualan yang cukup besar. Kalau kita lihaty skalanya besar dan timingnya juga sudah bulan puasa dan mendekati lebaran. Jadi banyak sekali konsumen yang menginginkan mungkin sudah merencanakan untuk mudik lebaran dengan mobil baru. Itu prospek yang kami akan garap.

Selain JAW dan IIMS secarap parallel MMKSI dan dealer secara rutin menggelar pemaran di [usat pusat perbelanjaan., mall to mall evet, supermarket event.

Amiruddin

Kalau dilihat dari target iIMS ini kita selalu belkajar dari penalaman tren yang sudah ada termasuk di JAW, di jAW responsnya bagus,. Kalu dilijay do IIMS juga dengan skala yang lebih besar. Kita punya target yang cukup baik. Kurnag lebih targetnya 1.000 unit. Dari 60 persen xpander 40 persen di papajero spott. Memlihat jaw dan momentum ramadfhan lebaran uyang tren makrty tumbuh kami optimis dengna target ini. Selain itu kebijakan pemerintah yang ada membuat kami menargetkan 1.000 lebih unit. Mudah mudhaan itu tercapai.

Budi Daulay

Tadi sudah sempat disinggung pak Amir sedikit, memang boasanya sebelum pandemic kemarin satu bulan menjelang lebaran, menjadi momen konusmen melakukan pembelian kendaraan. Kami harapkan di tahun ini, apalagi masa pandemic sudah berangsur pulih kami harapkan momen khususnya bulan ini suatu momen tepat konsumen untuk melakukan pembelian/

Tapi disebutkan jug abanyak program uang kami siapkan sangat menarik. Tadi disinggung juga pak amir mengenai, aturan untuk mudiktahn ini mungkin itu bisa kita harapkan dan kita jelang lebaran saya harap jadi momen positif.

Toha – Dapurpacu.id

Apa saja diskon aftersales menarik yang bisa didapatkan oleh konsumen di IIMS 2022?

Bagaimana strategi MMKSI dalam menyiasati kenaikan nilai PPN dan juga kenaikan harga bahan bakar?

Jawaban

Boedyarto

Untuk diskon, kalau pameran memang butuh diskon. Dari sisi after sales seperti yang sudah say aisinggum 10 persen untuk aksesoris asli New Xpander, diskon lebih gede 15 persen utnuk aksesoris resmi Pajero Sport, kemudian untuk dashboard camera diskon 10 persen selama IIMS.

Kemudian ada lagi coating package 15 persen selama di iims. Kemudian ada lagi, yang tadi disinggung, khusus untuk independen beli Extended Smart Package juga bisa. Ada diskon 5 persen. Pilihannya juga banyak setahun, dua tahun atau 5 tahun. Bisa konsultasi dengan petigas kami.

Kemudian fleet service package, ditujukan utnuk pelaku armad fleet boisa triton, l300, xpander dan pajero sport. Untuk di iims akan dapat package coating gratis senilai Rp300.000.

Kemudian ada lagi diskon 20 persen utnuk pembelian oilki Mitsubishi resmi semua varian MNGO. Ada juga aki atau bagterai ada diskon 15 persen khsuus beli di IIMS.

Yang diskon paling besar, ada yang mau beli ban. 34 persen untuk ban. Cukup besar ini. Tentunya tire yang sesuai dengan standar yang dipakai oleh Xpander dan Pajero Sport. Kemudian ada asuransi satu kali on risk dan full polished satu body, untuk pembeli yang memilih asuransi sompo.

Ke,mudian ada juga souvenir dan lucky dip untuk pelanggan yang punya mobil mitsiubishi. Ytingal tunjukkan stnk, berupa payung, shoping bag, emoney 100 ribu. Haruis sgera ke counter after sales.

Amiruddin

Regulasi kenaikan PPN terjadi di semua sector tidak jhanya otomotif saja, tentunya MMKSI akan patyyiuh dan mengikuti tregulasi tertsebut. Dan pastinya kalau kita lihatreghulasinya akan berdampak pada harga jual. Styrtayehgimuya adalah ytetyepa nberikan pelayanan terbaik pad aklonsumen saat mebeli dan mengirimkan dan kepmilikan denga nberagam pilihan metyode pembayaran. Sales prohgrammnya sangat banyak termasuik pada event iims ini.

Ini adalahsalah stu bentuk bagaiman akmai bis amemenuhi kepuasan pelanggan dan menyiasati kenaikan PPN itu. Kami juga tidak henti hentinya mengelkspos kelebihan memiliki mobol mitsubuishi mulai dari kemudahan perawatan, kemudahan pemilikan. Itu akan jadi petitmbangn utama komnsumen dalam memiliki mobil Mitsubishi.

Stanly – Kompas.com

Berapa kisaran kenaikan harga OTR tiap model Mitsubishi Motors dengan regulasi kenaikan nilai PPN?

Apakah Outlander PHEV masih memberlakukan harga spesial? Berapa harga spesial barunya dengan kenaikan nilai PPN ini?

Apakah model Mitsubishi dengan mesin diesel sudah siap dengan regulasi standar emisi Euro-4?

Jawaban

Arwani

Untuk sepertti juga merek lain dan binsis lain, kenaikan PPN 11 persen berpengaruh pad aharga migtsubishi. Etsimasi kenaikan karena adanya PPN dan BBM kenaikannya sekitar Rp3 juta. Harga april ini bisa cek sekalian utnuk dicek di website kami.

Arwani

Memang benar kami masih meberlakukan harga special Ouytlander PHEV, dan juga ada harga baru Rp888 juta atau naik harga Rp8 juta karena menyesuaikan kenaikan PPN dan BBM.  kendaraan masih ready di dealer kami untuk warna putih dan hitam.

Budi Daulay

Sesuai dengan reguklasi pemerintah MMKSI juga akan comply dengan regulasi yang ada. Dan kami akan menyipakan produk kendaraan yang khsuusnya bermesinydiesel untuk comply dengan euro4. Per april ini untuk pajero sport kita sudah siap dengan engine yang sudah sesuai regulasi euro4. Dan bulan ebrikutnya produk lain akan menyusul yakni Triton dan L300.

Jeghes – Suara.com

Apakah ada perubahan harga untuk model yang telah dilengkapi spesifikasi mesin Euro-4?

Apakah ada fitur baru yang disematkan pada model diesel dengan pembaruan Euro-4?

Terkait situasi pandemic yang mulai kondusif, apakah layanan posko Mitsubishi Siaga akan kembali diadakan?

Jawaban

Budi Daulay

Untuk perubahan harga per april ini seperrti yang telah disampiakna pak arwani ad abeberapa faktyior juga. Ke depannya akan ad apenyesuiaian harga, april sudah ada kenaikan beberapa harga. Untuk ke depannya kami belum iumumkan saat ini, tentunya aka nada kenaikan dari perubahan spek yang ada.

Arwani

Untuk kendaraan euro4 sendiri perubahan mayoritas ada sisi engine, enginenya disesuikan denga nketntuan egurklasi euro4. Untuk fitur klain tidak ada, hanya sedikit ssaja sanat minmor. Fokusnya untuk meningkatkan atau upgrade mesin saja. Itu nbuat pajero sport.

Unutk L300 dan Triton akan kami update lebih lanjut. Tapi secara prionsip tidak akan beda dnegna Pajerpo aka nada upgrade dari sisi mesin.

Boedyarto

Ini sebenarnya kalau enggak ditanya, tadinya mau kasih hinyts, bahwa pandemic mulai mereda tapi kita sudah mulai tinggi aktivitasnya. YTerkait posko siaga, kita ada rencana untuk menyambugt mudik lebarna. Tentunya beberapa titik startegi akan dipertimbajhkan apakah sesuai dengan sebelum pandemic atau ada titik baru. Apalagi jangkauan tol semakin panjang, jadi ada titik titik baru yang dipertimbangkan untuk menjaga kenyamanan pemilik mobil.

Icha – Viva.co.id

Minicab-MiEV kembali dipamerkan di IIMS 2022, bagaimana update pelaksanaan MoU joint studinya dengan para mitra?

Bagaimana dengan efektifitas penjualan komponen suku cadang pada e-commerce? Adakah promo atau tawaran menarik pada periode ini?

Jawaban

Boedyarto

Mengenai ecommerce,ytado sempat saya soinggung juga di presentasi. Di ecommerce kita akan berikan diskon 5 persen, juga ada tambahan cashback 5 persen jika lakukan di tokopedia. Tanggapannya dari konsumen juga snagat bagus. Kami ke depannya akan tyambahkan item item baru sesuai dengan keinginan konsumen.

Amiruddin

Saat ini unit micab miev dalam tahap serah terima dengan mitra studi kami dan akan dimanfaatkan oleh partner tersebut yntuk aktivutas dan operasional masing-masing. Kami akan berusaha mengawal dan melakukan studi serta follow up lebih lanjut dengan pemakaian yang telah dilakukan partner tsrebut. Sekarna masih tahapan seperrtti itu. Nanti kalau sudah ada pogresskami akan lakukan update.

Octo NMAA

Sejauh apa service improvement dari MMKSI dalam layanan purna jual yang sudah dilakukan sejak awal 2022?

Seberapa besar prosentase pemilik mobil Mitsubishi yang meneruskan program servis perpanjangan atau extended smart package?

Jawaban

Boedyarto

Improvemengt yang sudah kita lakukan terutama sejauh ini, tentunya banyak sekali belajar dari pandemic, awal 2020 kita banyak belajar termasuk dealer, termasuk dari sagfety protovol untuk dijalankan di delaer Indonesia, kemudahan booking juga sduah. Di kota koita besar konsumen kita 50 persen dsudah gunakan booking sebelum datang ke dealer. Walau uyang walk in juga ada.

Kemjudian dari sisi pelayanan di dealer kita juga ada namanya stall atau bay perbaikan di bengkel sudah ada MQP atau Mitsubishi quick pit didesain khusus untk perbaikan cepat. Untuk perbaikan berkala sehingga diharapkan dnegna adanya periodical maintainence konsumen tidak perlu menunggu lama, karena mdikejrakan kjhusus oleh mekanik terampil sehingga wakt tunggu lebih cepat.

Boedyarto

Ekstended Smart Package bisa dibilang sukses kalau bisa dibilang hamper 20.000 konsumen membeli pakegt ini. Ada yang beli setahun, dua tahun, tyiga tahun.  Kita lumayans urvive karena cukup banyak onsumen melanjutkan setia dan loyal ke bengkel mitysubishi. Jadi loyal ke produk juga ke bengkel Mitsubishi.

Untuk hargan sekali beli, tyidak akan berubah meski ada kenaikan harga part. Jadi sangat menguntungkan.

  • Bagikan