Vaksinasi di Lapas Ambon, BINDA Maluku Sasar 500 Orang

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Maluku terus melakukan percepatan vaksinasi di Kota Ambon. Kali ini, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Ambon, Selasa, 5 April 2022.

Kepala BINDA Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E, mengatakan, dalam kegiatan tersebut, BINDA Maluku menyasar 500 orang yang terdiri dari warga binaan dan para pegawai Lapas Kelas IIA Ambon.

“Dalam kegiatan ini, BINDA Maluku bekerjasama dengan Lantamal IX Ambon yang menurunkan satu tim Tenaga Kesehatan (Nakes), dan Kanwil Kemenkumham Maluku, dan khususnya Lapas Kelas IIA Ambon,” ucapnya, kepada RakyatMaluku.com.

Jimmy memastikan, vaksinasi yang digelar di Bulan Suci Ramadhan sejak pagi hingga sore hari ini, tidak membatalkan puasa, sesuai dengan fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa.

“Dalam rekomendasi MUI terkait vaksinasi Covid-19 saat berpuasa, bahwa pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang berpuasa,” tuturnya.

Dia menjelaskan, secara umum tujuan vaksinasi untuk meningkatkan herd immunity para warga binaan dan pegawai Lapas Klas IIA Ambon. Dan secara khusus, kegiatan vaksinasi dalam rangka mencegah adanya klaster baru di dalam Lapas Kelas IIA Ambon.

Selain itu, vaksinasi yang terus dilakukan oleh BINDA Maluku juga untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis II di Provinsi Maluku yang masih berada dibawah 70 persen, dan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Booster atau tahap III kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis I dan II.

“Di samping itu, pelaksanaan vaksinasi hari ini sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun. Dimana, rata rata warga binaan dan pegawai Lapas Klas IIA Ambon telah mengikuti vaksinasi tahap I dan II, sehingga banyak dalam pelaksanaan kali ini lebih menyasar untuk pelaksanaan vaksinasi booster atau tahap III. Dan jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac dan Pfizer,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Kepala Bagian Dukungan Operasi Binda Maluku, Kolonel Laut (KH) Rusendra Ichwan, dan Plt. Kepala Lapas Klas IIA Ambon, Mulyoko. (*)

  • Bagikan