Di HUT Kota, Pemkot Luncurkan Call Center

  • Bagikan
Kantor Walikota Ambon

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, berencana peluncuran Call Center 112 pada 7 September 2025 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-450. Layanan ini akan menjadi wadah satu pintu untuk berbagai kebutuhan darurat.

“Peluncuran itu sebagai pusat layanan darurat terpadu bagi masyarakat,mulai dari kebakaran, bencana alam, hingga masalah kesehatan,” kata Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Rabu, 23 Juli 2025.

Kata Walikota, sistem layanan ini akan memudahkan koordinasi lintas instansi karena seluruh unsur akan tergabung dalam satu jaringan.

“Semua akan bergabung jadi satu, di Call Center 112. Ini penting karena mempermudah dan mempercepat penanganan di lapangan,” ucapnya.

Wali Kota menegaskan, petugas Call Center akan siaga penuh selama 24 jam, tujuh hari sepekan, melalui sistem kerja bergiliran. Selain itu, seluruh personel yang terlibat akan mendapatkan pelatihan khusus untuk menangani laporan dan menyalurkan pengaduan ke instansi terkait.

“Kalau ada laporan kebakaran, langsung diteruskan ke Damkar. Kalau bencana, ada BPBD, DLHP. Kalau masalah keamanan, kita hubungkan ke Polresta, Kodim, atau Satpol PP,” jelasnya.

Dia juga apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung integrasi layanan ini, termasuk Polresta Ambon yang akan ikut berperan aktif dalam sistem tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Pak Kapolresta yang bersedia bergabung di dalam sistem Call Center 112,” kata Wali Kota.

Dipastikan bahwa infrastruktur dan sarana prasarana pendukung telah tersedia, termasuk sistem komunikasi dan fasilitas operasional. Sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat akan dilakukan secara luas setelah layanan ini resmi diluncurkan.

“Yang kita pastikan adalah kolaborasi dan sinergi antara semua pihak, demi memberikan pelayanan terbaik kepada warga Ambon,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan