PLN Percepat Pemulihan Listrik di Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku-Maluku Utara terus mempercepat pemulihan jaringan listrik yang terdampak akibat cuaca ekstrem di wilayah Ambon sejak Sabtu, 21 Juni 2025. Hingga Senin (23/6), sebanyak 87 persen pelanggan terdampak telah kembali mendapat aliran listrik.

Gangguan kelistrikan terjadi pada pukul 17.30 WIT di wilayah kerja UP3 Ambon akibat angin kencang yang menumbangkan pohon dan merusak jaringan distribusi listrik. Data per 23 Juni 2025 pukul 15.30 WIT mencatat beban listrik yang belum pulih sebesar 0,8 megawatt (MW) dari total gangguan yang berdampak pada 8.237 pelanggan.

Adapun progres pemulihan hingga saat ini mencakup 2 dari 3 Unit Layanan Pelanggan (ULP) masih padam (pemulihan 33%), 2 dari 9 penyulang masih padam (pemulihan 71%), 9 dari 119 trafo masih padam (pemulihan 86%), dan 1.030 pelanggan masih padam (pemulihan 87%). Di mana, wilayah yang masih terdampak meliputi Soya, Hatalai, Naku, Ema, Kilang, dan Dusun Owang Tial.

General Manager PLN UIW Maluku-Maluku Utara, Awat Tuhuloula, memastikan tim teknis masih siaga di lapangan untuk mempercepat proses pemulihan.

“Kami mengerahkan seluruh sumber daya teknis untuk segera menormalkan kembali sistem kelistrikan, khususnya di wilayah terdampak berat. Terima kasih atas kesabaran masyarakat, kami pastikan penanganan terus berlangsung cepat dan profesional,” ujarnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab, Awat juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terdampak.

“Kami menyadari betul bahwa listrik yang padam bukan hanya soal cahaya yang hilang, tapi juga aktivitas yang tertunda, usaha yang terhenti, dan kenyamanan warga yang terganggu. Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat terdampak,” ungkapnya.

PLN juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bahaya kelistrikan selama cuaca ekstrem.

“Jika menemukan kabel listrik putus atau potensi bahaya lainnya, masyarakat diminta segera melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123,” pungkasnya. (CIK)

  • Bagikan

Exit mobile version