PLN UP3 Ambon Gerak Cepat Pulihkan Listrik akibat Pohon Tumbang di Tengah Hujan Deras

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon bergerak cepat memulihkan sistem kelistrikan yang terdampak akibat cuaca ekstrem di wilayah Kota Ambon.

Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon pada Minggu malam,8 Juni 2025 menyebabkan gangguan pasokan listrik di sejumlah wilayah, terutama di Kecamatan Nusaniwe. Salah satu penyebab utama gangguan tersebut adalah pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik di beberapa titik, termasuk di kawasan Amahusu dan Bere-Bere.

General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula, menjelaskan bahwa insiden pohon tumbang akibat hujan lebat dan angin kencang telah mengakibatkan kerusakan infrastruktur kelistrikan, seperti tiang listrik, kabel konduktor, dan komponen jaringan lainnya.

“Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik kami di sejumlah titik, khususnya di kawasan Amahusu dan Bere-Bere. Namun, tim kami dari UP3 Ambon bergerak cepat di lapangan untuk melakukan penanganan dan pemulihan jaringan agar pasokan listrik kembali normal secepat mungkin,” ungkap Awat, Senin 9 Juni 2025.

Ia menambahkan, untuk mengatasi kondisi darurat ini, PLN segera mengaktifkan tim siaga gangguan dan mengerahkan personel ke lokasi terdampak. Petugas PLN bekerja tanpa henti, mulai dari malam hari hingga keesokan paginya, guna mempercepat proses perbaikan dan memastikan pasokan listrik dapat segera kembali menyala.

“Kami pastikan, saat ini sebagian besar wilayah terdampak telah berhasil dipulihkan. Sementara itu, proses pemulihan total akan dilakukan secara bertahap, menyesuaikan dengan kondisi dan tingkat kerusakan di lapangan. Petugas kami juga terus bersiaga untuk mengantisipasi potensi gangguan lanjutan di tengah musim hujan ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Awat juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi gangguan kelistrikan akibat cuaca ekstrem. Ia meminta warga untuk segera melaporkan jika menemukan pohon, baliho, atau benda lain yang berisiko mengenai jaringan listrik.

“Masyarakat dapat melaporkan potensi gangguan melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123. Respons cepat dari masyarakat sangat membantu kami dalam menjaga keandalan pasokan listrik,” tutup Awat.

PLN UIW MMU berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan sistem kelistrikan demi kenyamanan pelanggan, khususnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara.(CIK)

  • Bagikan