Surat Suara Tiba Hari ini, Dikawal Ketat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, M. Shaddek Fuad mengatakan, logistik surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk Provinsi Maluku akan tiba di Kota Ambon pada Jumat, 18 Oktober 2024, hari ini.

Menurutnya, proses pembongkaran logistik hingga distribusi ke 11 kabupaten/ kota akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian dengan pengawasan dari pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku.

“Surat suara didatangkan dari Jakarta dengan menggunakan pesawat hercules dan tiba di Bandara Pattimura Ambon Jumat besok (hari ini) sekira pukul 11 siang. Tentu akan dikawal ketat,” kata Fuad, kepada Wartwan dikantornya, Kamis, 17 Oktober 2024.

Fuad tidak merincikan terkait berapa lembar surat suara yang akan tiba di Ambon. Namun ia memastikan logistik pilkada tersebut nantinya akan didistribusikan ke 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

“Kalau sudah sampai di Ambon, proses distribusi nanti tergantung jadwal dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan resmi dari jajaran KPU kabupaten/kota perihal adanya kerusakan logistik untuk Pilkada 2024 tahap satu.

“Distribusi logistik tahap satu sudah dilakukan. Dan sejauh ini belum ada laporan terkait kerusakan dari logistik dimaksud,” jelasnya.

Logistik pilkada tahap satu yang telah didistribusikan ke KPU 11 kabupaten/kota itu di antaranya, Kotak Suara, Kabel Ties, Segel, Bilik, Sampul dan Tinta. Meski demikian, KPU akan terus memantau perkembangan proses distribusi hingga perakitan kotak suara.

“Dan jika kemudian ditemukan adanya kerusakan logistik, masing-masing daerah wajib untuk membuat berita acara yang kemudian akan diajukan pengembalian ke KPU pusat. Dari situ baru dikoordisikan ke pihak penyedia jasa untuk proses penggantian logistik yang rusak,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan