Pangdam Pattimura Tekankan Netralitas TNI

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Untuk kesekian kalinya, pimpinan Kodam XV/Pattimura menekankan prajurit TNI tetap netral di Pilkada Serentak Tahun 2024.

Sebelumnya, mantan Pangdam Mayjen TNI Syafrial, kini Pangdam baru Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, menekankan hal yang sama.

Dalam arahannya kepada prajurit, PNS dan Persatuan Istri Tentara (Persit), Pangdam mengingatkan tentang pelantikan Presiden dan Pilkada Serentak, serta menekankan kepada seluruh prajuritnya untuk tetap komitmen menjunjung tinggi netralitas TNI.

“Saya akan bertindak tegas, apabila ada yang bermain-main politik. Ini saya ingatkan kepada seluruh prajurit Kodam XV/Pattimura,” tegas Pangdam di Baileo Slamet Riyadi, Korem 151, Kamis, 17 Oktober 2024.

Selain itu, Pangdam juga menjelaskan hakekat operasi teritorial. Operasi teritorial yaitu tugas prajurit untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat dengan tindakan yang tepat dan empati, sehingga mendapat kepercayaan dari rakyat, serta siap membantu masyarakat yang membutuhkan.

Mengenai disiplin prajurit, Pangdam mengingatkan untuk menjauhi dan berhenti melakukan pelanggaran sekecil apapun, karena dampaknya akan merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan.

“Prajurit yang melanggar akan diproses sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku,” ancamnya.

Dalam berdinas sehari-hari, Pangdam mengajak dan mengimbau agar bekerja dengan niat ibadah, ikhlas dan loyal, serta selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“Prajurit harus responsif terhadap perkembangan situasi, melakukan deteksi dini, dan reaksi cepat. Bagi prajurit yang berada di wilayah-wilayah, agar selalu berinteraksi dengan tokoh berpengaruh, dan manfaatkan media sosial secara positif,” imbau Pangdam. (AAN)

  • Bagikan

Exit mobile version