Bawaslu Maluku Gelar Rakor Susun Strategi dan Mitigasi

  • Bagikan

Antisipasi Potensi Kerawanan Pilkada 2024

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bawaslu Provinsi Maluku menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam menyusun strategi dan mitigasi bersama terhadap potensi kerawanan Pilkada Serentak tahun 2024 di Provinsi Maluku, bertekad di Hotel Manise Ambon, Rabu, 16 Oktober 2024.

“Penting bagi Bawaslu melibatkan perwakilan OKP di Maluku dalam menyusun mitigasi potensi kerawanan Pilkada 2024,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair.

Menurutnya, pilkada merupakan sebuah kontestasi yang dinamikanya akan terus berubah serta mengalami ancaman-ancaman terbaru. Sehingga, pemetaan kerawanan tidak boleh hanya berhenti di satu titik.

“Bawaslu harus gencar untuk melakukan rakor bersama instansi terkait sambil mengupdate setiap masalah yang terjadi,” ujarnya.

Dia mengakui, semua orang punya cara pandang yang berbeda. Sehingga, puluhan OKP ini dilibatkan untuk berkontribusi memperkaya penyusunan strategi.

Selain itu, lanjut Subair, rakor ini juga penting untuk menyinkronkan langkah antisipasi dengan berbagai antisipasi terkait, terutama dalam hal pengawasan di lapangan. 

“Bagi Bawaslu, koordinasi yang baik diharapkan dapat memperkuat pengawasan terhadap kerawanan pemilihan,” jelasnya.

Diharapkan, forum ini bisa menyamakan presepsi untuk sebuah hasil yang diharapkan bersama.

“Paling penting, mencegah lebih baik dari mengobati,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan