Polresta Patroli Siber Cegah Isu Provokatif Jelang Pilkada

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease gencar melakukan patroli siber untuk mencegah isu provokatif menjelang Pilkada Serentak 27 November 2024. Sebab, di masa kampanye saat ini, banyak informasi dan barita hoaks yang bertebaran, terutama di media sosial. Sehingga, perlu diantisipasi agar tdak tejadi gesekan di masyarakat yang berujung bentrok.

“Polisi sejauh ini telah menetapkan sistem patroli siber. Di Polda, Polresta, termasuk di Polsek jajaran. Kalau ada isu hoaks, kita akan menelusuri,” kata Kapolresta Ambon Kombes Pol Driyono Andri Ibrahim, kepada wartawan di kantornya, Selasa, 15 Oktober 2024.

Setelah ditelusuri dan terbukti adanya informasi hoaks, lanjut Kombes Driyano, maka Polresta Ambon akan langsung menindak tegas. Sebab, kabar-kabar kebohongan bisa merusak keberagaman orang basudara di kota berjuluk Manise ini.

“Kalau ada isu hoaks, kita akan menelusuri, siapa yang menyebar dan apa isi kontennya. Kita meredam agar tidak terjadi kekacauan di tengah tengah masyarakat,” tegasnya.

Bukan hanya polisi yang menangkal isu-isu hoaks dengan menyosialisasi, stakeholder lainnya juga dimintai melakukan hal yang sama.

“Harapan kita semua seluruh stakeholder yang ada juga ikut sosialisasi, sehingga masyarakat tidak termakan dengan isu-isu menyesatkan,” harap Kombes Driyano.

Termasuk Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Ambon dan tim sukses pasangan calon. Jika ada yang melakukan pelanggaran, adukan pada Gakumdu.

“Kita harus menyikapi politik ini dengan bijak, tidak boleh termakan dengan isu isu provokatif. Kita harus menjaga situasi aman, kondusif. Keramaian itu perlu kita jaga,” pungkasnya. (AAN)

  • Bagikan