Bawaslu Bentuk Timsus Pantau Gudang Logistik KPU

  • Bagikan

RAKYATMALUIKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bawaslu Provinsi Maluku akan membentuk tim khusus (timsus) untuk memantau langsung lokasi penyimpanan logistik yang disimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini untuk mewujudkan tahapan Pilkada Serentak 2024 di Maluku yang jujur, adil dan demokratis

“Tim khusus nantinya yang memantau secara langsung ke lokasi-lokasi penyimpanan dan distribusi logistik pilkada. Tim khusus ini juga yang akan mengawasi jalannya pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di Maluku,” kata Ketua Bawaslu Maluku, Subair, Rabu 2 Oktober 2024.

Menurutnya, pembentukan tim khusus sejalan dengan komitmen Bawaslu, yaitu menjaga kepercayaan publik terhadap proses pilkada dan memastikan semua tahapan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi bukan soal berapa jumlah pengawas yang nanti kita libatkan. Paling penting itu kita awasi secara maksimal seluruh proses tahapan pendistribusian logistik selain pengawasan kampanye yang sedang berjalan,” ujar Subair.

Ia menjelaskan, prinsipnya Bawaslu akan mengawasi seluruh proses yang diatur dalam peraturan KPU tentang logistik, termasuk memastikan proses produksi langsung ke perusahaan yang ditunjuk sampai pada distribusi ke tempat tujuan.

“Termasuk gudang logistik diawasi oleh Bawaslu kabupaten/kota masing-masing yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” jelasnya.

Bawaslu juga berencana melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan logistik, agar masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga integritas pilkada. (MON)

  • Bagikan

Exit mobile version