Pasangan M2 Tawarkan Maluku Maju Berkelanjutan

  • Bagikan

Ini 10 Program Unggulan Murad-Michael

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail (MI) – Michael Wattimena (MW) dengan akronim 2M, memiliki 10 program unggulan yang disertai rencana aksi dan arah pembangunan Maluku Maju tahun 2025-2029.

Calon Wakil Gubernur, Michael Wattimena, memaparkan, 10 program unggulan itu di antaranya, pertama, Maluku sehat, cerdas, dan berketahanan sosial. Kedua, Maluku maju dan berkelanjutan. Ketiga, Maluku digital. Keempat, Maluku bermitra, berinvestasi dan penguatan ekspor.

Kelima, Ekonomi Maluku tangguh, merata dan hebat. Keenam, Maluku berintegritas, adaptif, aman dan nyaman. Ketujuh, Maluku damai, keluarga sejahtera dan berkualitas. Kedelapan, Maluku lestari dan berseri. Kesembilan, Maluku berketahanan pangan, energi dan air. Dan ke 10, Maluku siaga bencana.

Jadi, pelaksanaan visi dan misi pembangunan Maluku maju tahun 2025-2029 dilaksanakan melalui implementasi 10 program unggulan tersebut. Dan pelaksanaan rencana aksi dari setiap program unggulan itu dengan berpedoman pada arah pembangunan yang telah ditetapkan, papar Michael, kepada media ini via telepon, Kamis, 26 September 2024.

Dia menjelaskan, visi paslon 2M yaitu, Maluku Maju, Berbudaya, Berdaya Saing, Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Kepulauan. Dan misi paslon 2M yaitu Maluku Bakukele Maju Bertransformasi 2025-2029.

Visi dan misi itu merupakan hasil telaah dan kajian terhadap capaian dan permasalahan pembangunan dari berbagai dimensi kehidupan, mulai dari aspek sosial-budaya, ekonomi, tata kelola kelembagaan, politik, keamanan dan lingkungan di Provinsi Maluku dalam kurun waktu lima tahun terkahir.

Karena itu, lanjut Michael, visi dan misi paslon 2M untuk menjawab bagaimana membangun Maluku ke depan lebih maju lagi sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045, yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan yang telah ditetapkan dalam RPJPN 2025-2045, serta visi Maluku Maju 2045 yang ditetapkan dalam RPJPD 2025-2045.

Berdasarkan hasil telaah dan kajian yang dilakukan serta penyelarasan dengan visi RPJPN dan RPJPD Provinsi Maluku 2025-2045, maka visi yang kami rumuskan untuk membangun Maluku selama lima tahun ke depan adalah merupakan cita-cita dan mimpi kami berdua tentang bagaimana Maluku menjadi daerah yang maju, jelasnya. (RIO)

  • Bagikan