GAMKI Tidak Memihak Pasangan Manapun di Pilkada

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku tidak akan berpihak kepada salah satu pasangan calon pimpinan daerah

Ada dua kade GAMKI yang saat ini ikuti kontestasi, Michael Wattimena, calon Wakil Gubernur dan Tiba Tetelepta, Cawabup Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya tidak akan mendorong DPD GAMKI untuk masuk pada satu partai politik, silahkan teman-teman memilih mengembangkan ide dan gagasan menentukan pemimpin yang yang terbaik buat Maluku,” kata Ketua DPD GAMKI Maluku Samuel Patra Ritiauw kepada wartawan di Aula PGSD Universitas Pattimura, Jalan Latumenten, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (21/09/2024).

Dijelaskan, Pilkada sudah dekat, tersisa dua bulan pesta rakyat digelar. Masyarakat harus diberi pencerahan soal ini.

“Kita akan bicara mengenai persiapan tanggal 27 November 2024, untuk bagaimana kita bisa memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Maluku. Intinya pendidikan politik juga penting diberikan untuk masyarakat,” akui Ritiauw.

Pendidikan politik, lanjut Ritiauw, penting sehingga masyarakat dalam memilih pemimpin dengan hati nurani, pemimpin yang terbaik untuk untuk memimpin Maluku lima tahun kedepan.

” Dan tentu dengan harapan tidak ada lagi konflik-konflik akibat dampak dari Pilkada nanti. Jadi itu agenda perioritas yang akan kami DPD GAMKI Maluku sikapi nanti,” tutur Ritiauw.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie mengatakan, menghadapi Pilkada Serentak dihelat 27 November 2024 mendatang, banyak dinamika politik dan sosial. Untuk itu, jangan mudah terprofokasi dengan isu-isu sektarian ujaran kebencian dan hal-hal yang dapat memecah bela Masyarakat.

” Kita boleh bedah pilihan, tetapi mari kita hadapi pesta demokrasi ini dengan suka cita,” ujar Sadali dalam sambutannya saat pelantikan dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) GAMKI

Selain itu, kata Dia, pemerintah Provinsi Maluku juga sangat mengharapkan kontribusi pemikiran serta berbagai ide-ide konstruktif dari seluruh elemen pemudah, termasuk pengurus GAMKI.

“ Untuk itu dengan pelantikan dan rapat kerja daerah yang dilakukan ini, kami berharap seluruh pengurus dapat mebangun sinergi dan semangat kebersamaan dengan berbagai komponen pemuda lainya, sehingga kita dapat meningkatkan toleransi dan saling hormat menghormati memupuk rasa perasaudaraan yang beragam dalam semangat hidup orang basudara,” ketus Sadali.

Sadali juga tidak menampik, GAMKI sejauh ini telah bersinergi dengan pemerintah dan menjadi mitra strategis dalam memperjuang kepentingan pembangun di Indonesia termasuk di Provinsi Maluku.” Kita perlu sadari selama ini GAMKI telah menjadi mitra kerja strategis pemerintah demi untuk kemajuan Masyarakat, terkhusus di Maluku,” tandas Sadali.

Sekedar informasi, calon Wakil Gubernur Maluku Michael Wattimena, dan dua Calon Wali Kota Agus Ririmase bersama Bodewin M Wattimena, menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku periode 2024-2027.

Pelantikan disertai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ini berlangsung di Aula PGSD Universitas Pattimura, Jalan JA Latumenten, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu (21/09/2024).

DPD GAMKI Maluku dipimpin Samuel Patra Ritiauw dan Sekretaris Fransina S Latumahina. Pengurus dilantik Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat.
(AAN)

  • Bagikan

Exit mobile version