Partisipasi Pemilih Cerminkan Kualitas Demokrasi Pemilu

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Shadhek Fuad, mengatakan, partisipasi pemilih yang tinggi akan mencerminkan legitimasi dan kualitas demokrasi pemilu di daerah ini.

Sehingga, kata Shadek, KPU Provinsi Maluku telah merancang berbagai strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, antara lain melalui sosialisasi yang masif dan edukasi kepada masyarakat.

“Kami akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyampaikan pentingnya menggunakan hak pilih. Sosialisasi akan dilakukan di berbagai tempat, termasuk di sekolah, kampus, dan pusat-pusat keramaian,” katanya, Kamis, 19 September 2024.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, lanjut Shadek, KPU Maluku mengajak masyarakat untuk bijak mengunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Pasalnya, partisipasi aktif masyarakat terutama generasi muda, sangat penting.

“Kita semua telah diberikan ruang untuk seluruh warga sesuai regulasi guna menggunakan hak pilihnya secara langsung di tempat pengumuman suara (TPS) untuk memilih,” ajaknya.

Kata Fuad, dengan menggunakan hak pilih, maka merekalah yang menentukan pemimpin daerah yang akan mempengaruhi pembangunan dan kesejahteraan di Maluku.

“Berpartisipasi secara langsung dalam semua proses pilkada, dan saya kira itu adalah bentuk tanggung jawab moral kita sebagai warga negara,” ujarnya.

Dia mengakui, partisipasi pemilih dalam pilkada sebelumnya masih perlu ditingkatkan. Bukan saja partisipasi dalam bentuk memilih di TPS, tetapi dengan mengakses informasi terhadap perkembangan terkait dengan pilkada.

KPU Maluku awalnya menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 14 Februari 2024 mencapai 81 persen. Target KPU Maluku mengalami kenaikan dua persen jika dibandingkan dengan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

Namun, faktanya dari hasil pemilu 2024 yang dirilis KPU Maluku, ternyata partisipasi pemilih hanya mencapai 79 persen atau sama dengan pemilu 2019.

“Kami berharap partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 bisa lebih tinggi dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya,” harapnya. (MON)

  • Bagikan