Pemkab Malteng Jaring Pemilih Pemula di Sekolah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menjaring pemilih pemula Pilkada Serentak 2024 di sekolah dengan melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) bagi siswa SMA/ sederajat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malteng, Siti Hubna Soumena, mengatakan, perekaman KTP-e bagi pemilih pemula tersebut sebagai upaya pemkab menyukseskan pilkada, mengingat beberapa sekolah terkendala persoalan akses transportasi.

“Upaya jemput bola perekaman KTP Elektronik bagi siswa SMA/ sederajat di Maluku Tengah diyakini sebagai upaya efektif untuk meningkatkan minat para pemilih pemula guna menyukseskan Pilkada 2024,” kata Soumena, dalam rilis yang diterima media ini, Rabu, 18 September 2024.

Dia menjelaskan, perekaman KTP-e ini dilakukan Disdukcapil Kabupaten Malteng dengan mendatangi sekolah-sekolah dengan menyesuaikan data jumlah siswa yang menjadi pemilih potensial. Ia menargetkan perekaman data KTP-e bagi pemilih pemula harus selesai sebelum pilkada maksimal akhir Oktober 2024.

“Oleh sebab itu kami mengimbau kepada pelajar atau warga yang masuk daftar pemilih pemula potensial diminta agar dapat memanfaatkan layanan jemput bola perekaman KTP elektronik yang dilakukan Disdukcapil Maluku Tengah,” jelasnya.

Dikatakan Soumena, jumlah keseluruhan yang telah melakukan perekaman KTP-e, belum dapat dirilis, karena masih hari pertama. Pihaknya juga masih menunggu data dari petugas yang melakukan perekaman di sekolah-sekolah, dan jumlahnya diprediksi akan terus bertambah sampai bulan depan.

Apalagi, lanjut Soumena, pihaknya mencatat pada periode tahun 2022-2024, sebanyak 6.000 warga Maluku Tengah telah migrasi ke Weda, Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Migrasi besar-besaran ini dikarenakan dibukanya kawasan industri Weda yang memberikan lowongan dan kesempatan kerja bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan