Kapolda dan Ketua MUI Bahas Sinergitas Jaga Kamtibmas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Di moment politik saat ini, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) perlu dijaga. Kondusifnya Kamtibmas tidak harus tanggungjawab Polri, tapi semua pihak termasuk tokoh agama.

Seperti yang dilakukan Kapolda Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdillah Latuapo. Keduanya membicarakan sinergitas menjaga Kamtibmas.

Ketua MUI Abdullah Latuapo menyampaikan terima kasih kepada Kapolda atas kesediaan waktu dan kesempatannya menerima kunjungan silaturahmi tersebut.

Ia mengungkapkan, program pesan damai yang sebelumnya dijalankan pada kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Maluku Barat Daya, telah sukses dilaksanakan.

“Dukungan dari Forkopimda setempat sangat luar biasa, sehingga program pesan damai akan diteruskan ke Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Timur,” katanya saat bersilaturahmi dengan Kapolda di Mapolda Jalan Sultan Hasanudin, Tantui, Kota Ambon, Selasa, 17 September 2024.

Pada pertemuan itu, Latuapo juga menginformasikan rencana dilaksanakannya Musyawarah Daerah (Musda) MUI. Musda akan diselenggarakan pada tanggal 7 – 8 Oktober 2024 mendatang.

“Acara ini akan dihadiri oleh para pengurus dari 11 Kabupaten/Kota, tokoh agama, serta pimpinan organisasi Islam lainnya. MUI berharap Kapolda Maluku berkenan hadir dan memberikan materi dalam kegiatan penting ini nantinya,” pintanya.

Kedatangan Ketua MUI disambut hangat oleh Kapolda Maluku. Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada MUI telah bekerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari MUI Provinsi Maluku dan berharap sinergi ini terus berjalan dengan baik. Bersama-sama kita harus menjaga Kamtibmas di wilayah ini demi kenyamanan dan keamanan masyarakat,” kata Kapolda.

Terkait dengan rencana pelaksanaan Musda, Kapolda menyatakan dukungan penuh. Ia juga akan berupaya agar dapat menghadiri kegiatan tersebut.

“Kegiatan Musda ini sangat baik untuk mempererat hubungan dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas bagi seluruh tokoh-tokoh agama di Maluku,” tambahnya. (AAN).

  • Bagikan