Jelang Pilkada, Polresta Ambon Intens Patroli

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Personel Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease intens melaksanakan patroli. Sebab, dua bulan lagi tepatnya pada 27 November 2024, akan digelar pilkada serentak.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, mengatakan, masyarakat harus merayakan pesta demokrasi ini dengan suka cita tanpa ada gangguan atau hambatan.

“Polresta Ambon tetap mengupayakan situasi Kamtibmas yang aman dan terkendali agar terus terjaga,” kata Kapolresta, kepada Rakyat Maluku, Selasa, 17 September 2024.

Dikatakan Kapolresta, pihaknya akan mengerahkan Satuan Samapta yang tergabung dalam Unit PRC akan melakukan patroli dan penjagaan pada waktu pagi, siang dan malam hari, di lokasi lokasi yang patut diduga rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Termasuk melakukan pengawasan ke tempat tempat keramaian ataupun objek vital agar langsung mengetahui kondisi dan situasi di tengah-tengah masyarakat,” terang Kapolres.

Selain personel Polresta Ambon, kata Kapolresta, Polsek jajaran juga melakukan hal
serupa, yaitu patroli dan penjagaan serta monitoring wilayah agar situasi kamtibmas tetap terjaga dan kondusif.

“Polresta juga telah mengadakan pengamanan di kantor-kantor penyelenggara pemilu dan pilkada, yaitu di Kantor KPU dan Kantor Bawaslu serta gudang tempat penyimpanan material logistik pilkada,” ungkapnya.

Tidak saja patroli, Kapolresta menambahkan, bawah upaya preventif lainnya juga dilaksanakan oleh Satuan Binmas dan Intelkam Polresta Ambon.

Di mana, anggota Binmas bersama-sama dengan para Bhabinkamtibmas jajaran melaksanakan sambang ke pelosok-pelosok wilayah guna mengetahui monitoring langsung situasi.

“Apabila ditemukan masalah di tengah-tengah masyarakat segera dapat dicari solusi maupun upaya penyelesaiannya secara cepat dan tuntas,” terangnya.

Anggota Intel juga disebarkan guna mengumpulkan informasi penting di masyarakat, sehingga apapun permasalahan dapat diketahui sesegera mungkin.

“Termasuk informasi penting dapat dengan cepat diketahui guna diambil langkah- langkah antisipasi dan upaya pencegahan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” pungkasnya.

Sebelumnya, personel Polresta Ambon yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 terus meningkatkan upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Senin (16/09/2024), dengan cooling system untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga stabilitas keamanan jelang Pilkada.

Dalam patroli yang dilakukan di berbagai titik strategis, personel Satgas memberikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif mendukung Polri dalam memelihara keamanan di wilayah masing-masing.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menolak segala bentuk berita hoaks dan ujaran kebencian yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa. (AAN)

  • Bagikan

Exit mobile version