Masyarakat Apresiasi Pos TNI di Gunung Botak

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — NAMLEA, — Kawasan tambang emas Gunung Botak, Kabupaten Buru, aman dan terkendali. Kondusifnya wilayah itu tak lepas dari keberdaan Pos TNI, di bawah Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea.

Keberadaan Pos TNI tersebut, tak lepas campur tangan pemerintah kabupaten. Koordinasi
Pemkab dan Kodim agar bisa menjaga situasi kedamaian di Buru.

“Maraknya miras, man perjudian, hingga benda tajam yang sangat berbahaya berdampak buruk terhadap aktivitas masyarakat yang mencari sesuap nasi untuk keluarga mereka di area tambang emas Gunung Botak yang membuat TNI terus bergerak cepat untuk melakukan pengamanan di lokasi tersebut,” kata Pj Ketua HMI Cabang Namlea Oki Saputra kepada wartawan, Selasa, 10 September 2024.

Sebab itu, Pos TNI sangat membantu meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Lanjut Saputra, Pos TNI adalah salah satu pos pemantau yang di tugaskan menjaga keamanan wilayah teritorial dari situasi rawan konflik.

“Masyarakat lokal sangat aprisiasi dengan kehadiran Pos TNI dalam menjaga stablitas keamanan bagi masyarakat,” akuinya.

Tambah Saputra, pasca Covid-19 lalu, ekonomi daerag belum stabil akibat sehingga Gunung Botak merupakan solusi untuk masyarakat lokal.

“Mamasuki masa transisi Pemkab Buru saat ini sehingga begitu sempitnya lapangan kerja akibat terjadi tingginya angka pengangguran sehingga masyarakat sebagian besar rata rata lebih memilih fokus ke tambang emas,” tandasnya. (AAN)

  • Bagikan

Exit mobile version