Bawaslu Awasi Khusus Calkada Malteng

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku fokus memperketat pengawasan para calon kepala daerah (calkada) – wakil kepala daerah yang memiliki hubungan kekerabatan dengan penyelenggara pemilu. Di mana, salah satu wilayah yang menjadi fokus pengawasan adalah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Ketua Bawaslu Maluku, Subair, mengatakan bakal calkada Kabupaten Malteng periode 2024-2029, Zulkarnain Awat Amir, memiliki istri yang diketahui kini menjabat sebagai anggota KPU RI, yaitu Betty Epsilon Idroos.

“Ini menjadi fokus pengawasan kami nanti,” kata Subair di Ambon, Selasa, 3 September 2024.

Menurutnya, secara norma, seorang calon kepala daerah yang memiliki keluarga sebagai penyelenggara pemilu baik di KPU ataupun Bawaslu, tidak melanggar. Namun Bawaslu tetap menjadi hal itu sebagai salah satu faktor kerawanan dalam pilkada karena berpotensi terjadi konflik kepentingan.

“Kita terap mengawasi proses tahapan Pilkada di Maluku, ujarnya.

lanjut Subair, jika dalam pelaksanaan tugasnya ada potensi menyalahgunakan kewenangan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, maka akan ditindak tegas.

“Tapi kalau tidak ada, ya tidak. Namun karena menjadi salah satu faktor kerawanan maka menjadi fokus pengawasan bagi kami di Bawaslu,” tukasnya

Diketahui, Zulkarnain Awat Amir akan bertarung di Pilkada Malteng 2024. Dia didampingi Mario Lawalata sebagai calon wakilnya. Keduanya diusung partai politik Gerindra, Demokrat, PKS, PAN dan Golkar. (MON)

  • Bagikan