Hasil Rikkes Paslon Kepala Daerah Segera Diumumkan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon bakal mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan (Rikkes) empat pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Ambon Periode 2024-2029 di RSUP dr. J. Leimena.

Empat paslon itu, Agus Ririmasse-Novan Liem, Bodewin Wattimena-Ely Toisuta, Jantje Wenno-Syarif Bakri Asyathri, dan Tady Salampessy-Emily Dominggus Luhukay.

“Untuk Ambon, semua paslon kandidat telah selesai mengikuti rikkes. Setelah ini kami segera umumkan hasil dari tahapan tersebut,” kata Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud, Senin, 2 September 2024.

Menurut Kaharudin, rikkes menjadi salah satu tahapan penting bagi bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon untuk melengkapi dokumen persyaratan maju di Pilkada 2024.

“Pemeriksaan kesehatan salah satu persyaratan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, Rikkes dilakukan mulai 29 Agustus hingga 3 September 2024. Setelah itu, akan dilakukan penelitian administrasi kesehatan dari masing-masing paslon kepala daerah-wakil kepala daerah sebelum diimumkan hasilnya.

“Penelitian administrasi hingga tanggal 4 September 2024. Usai itu baru kita umumkan hasilnya,” tukasnya

Diketahui, para kandidat yang mengikuti Medical Check Up (MCU) sebanyak 22 orang terdiri dari paslon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Ambon dan Kota Tual.

“Total paslon dari enam kabupaten/kota yang jalani MCU di RSUP dr. J. Leimena sebanyak 22 orang,” kata Ketua Tim Pemeriksa, dr. Saleh Tualeka.

Untuk 22 paslon kandidat ini, rinciannya dari Kota Ambon empat paslon, SBB lima paslon, Kota Tual empat paslon, Malra tiga paslon, Buru empat paslon, dan Aru dua paslon.

MCU yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik atau jasmani secara keseluruhan, dan juga rohani meliputi pemeriksaan jiwa dan psikologi serta pemeriksaan narkoba bekerjasama dengan BNN Maluku. (MON)

  • Bagikan