Periksa Kesehatan, Agus-Novan Bebas Narkoba

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Agus Ririmasse – Muhammad Novan Liem, dengan jargon ‘AMAN’, dinyatakan bebas dari penggunaan narkoba. Hal itu disampaikan Agus usai menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan selama kurang lebih 11 jam di RSUP dr J. Leimena Ambon, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Menurut Agus, proses pemeriksaan kesehatan dijalani dengan tanpa ada hambatan atau masalah apapun, yang diawali dengan pemeriksaan urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Hasilnya, negatif.

“Kami berdua dinyatakan negatif. Kami bersyukur untuk hasil itu,” ungkap Agus.

Dia menjelaskan, semua tahapan pemeriksaan diikutinya bersama dengan Novan Liem, mulai dari pemeriksaan kesehatan meliputi radiologi, EKG, mata, telinga, hidung, penyakit dalam, psikotes dan wawancara, tes kejiwaan dan wawancara.

“Kami ikuti semua itu dengan baik hingga selesai. Tak ada kendala atau masalah apapun,” jelasnya.

Agus juga menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Kota Ambon serta tim medis pemeriksa kesehatan, khususnya Direktur RSUP dr J. Leimena Ambon dan jajaran yang telah bekerja dengan baik, sehingga pemeriksaan berjalan aman dan lancar.

“Dokter-dokternya ramah. Suster juga, perawat yang damping kita juga sangat baik. Mereka bekerja cukup cepat, sehingga kami selesai dengan cepat pula,” pungkasnya.

Diketahui, selain Agus-Novan, bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Muhammad Tadi Salampessy dan Emilih Dominggus Luhukay juga menjalani pemeriksaan kesehatan di hari kedua ini.

Sebelumnya, Jumat 30 Agustus 2024, pasangan Bodewin Wattimena-Ely Toisuta dan Jantje Wenno-Syarief Bakri Assyatri juga telah menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan.

Ketua Tim Pemeriksa, RSUP. dr. Leimena, dr. Saleh Tualeka, mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap para pasangan calon kepala daerah dari Kota Ambon, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kami bersama teman-teman spesialis dan dibackup beberapa teman dokter umum serta juga berperan tim pendamping. Tim pendamping ini sangat berperan untuk memperlancar seluruh proses pemeriksaan pasangan calon,” ucapnys.

Dia mengakui, terkait prosesi pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan kesehatan jasmani, yaitu pemeriksaan fisik secara keseluruhan, dan pemeriksaan rohani, yaitu pemeriksaan fisik dan psikologi, dan ada keterlibatan BNN Maluku untuk melakukan pemeriksaan terkait narkoba.

“Keseluruhan tim yang disiapkan hari ini ada 20 tim dokter. Alhamdulillah, semuanya sudah siap,”pungkasnya. (MON)

  • Bagikan