Dua Pasangan Cagub Daftar di KPU

  • Bagikan

MI-MW Janji Jawab Semua Harapan Rakyat

HL-AV Siap Berjuang Majukan Maluku Sejahtera

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa (HL) – Abdullah Vanath (AV), bertekad bersama-sama dengan semua pihak berjuang memberikan kontribusi terbaik untuk memajukan Maluku yang lebih sejahtera. Hal ini sesuai dengan tagline mereka, yakni “Par Maluku Pung Bae”.

“Tagline Par Maluku Pung bae bertujuan membangun Maluku yang lebih baik ke depan, sebab Maluku butuh perubahan. Untuk itu, kami bertekad bersama-sama dengan semua pihak untuk berjuang memberikan kontribusi terbaik memajukan Maluku,” kata HL, dalam keterangan pers, usai mendaftar di Kantor KPU Provinsi Maluku, Rabu, 28 Agustus 2024.

HL juga berjanji bahwa Maluku akan dibenahi lebih baik ditangannya bersama AV menuju yang diharapkan masyarakat. Sebab, Maluku yang berlimpah akan sumber daya alamnya (SDA) ini harus sejahtera, kendati sekarang masih jauh dari yang diharapkan.

“Saya dan AV telah mempunyai rencana yang konkrit untuk ditawarkan kepada pemilih sesuai dengan keinginan masyarakat. Dan kami siap memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi nantinya,” tandasnya.

Menurutnya, perbedaan politik tidak harus membuat masyarakat terpecah belah. Olehnya itu, HL berharap proses pemilihan kepala daerah di Provinsi Maluku dapat berlangsung dengan aman.

“Pilkada adalah pesta demokrasi, rakyat harus berpartisipasi aktif secara suka ria. Mereka berhak untuk menentukan pilihannya secara bebas, tanpa tertekan. Untuk itu, kami berdoa, masyarakat memberikan dukungan secara mayoritas kepada kami,” pinta anggota DPR RI terpilih 2024-2029 ini.

HL yang didampingi AV dan pimpinan partai pendukung juga memastikan bahwa mereka telah memenuhi semua persyaratan administrasi pendaftaran secara online. Sebab, semua berkas yang diminta KPU termasuk surat pengunduran diri dari anggota DPR RI periode 2019-2024, telah dilampirkan dalam dokumen pendaftaran.

“Jika saja nanti ada yang masih kurang, kami yakin masih ada waktu untuk kami koreksi. Tapi sesungguhnya harapan kami pagi ini juga proses pendaftaran yang kami lakukan berlangsung dengan aman dan tuntas,” jelas ketua DPD Partai Gerindra Maluku itu.

Dalam kesempatan itu, HL juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, sehingga dirinya dan AV bisa hadir di KPU untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Pilkada Serentak 2024.

“Terima Kasih dengan semua dukungan yang telah kami terima selama ini. Terima kasih banyak untuk dukungan dan kerja keras yang diberikan, sehingga kami bisa hadir di pagi ini di Kantor KPU Maluku,” ungkapnya.

Meski semua hari baik, namun HL mengaku lebih memilih hari kedua (28 Agustus 2024) untuk mendaftar ke KPU Provinsi Maluku.

“Bagi kami semua hari baik, hanya saja pendaftaran dibuka tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus, kami pilih tengahnya, tanggal 28 Agustus,” ungkapnya.

Pantauan media ini, beberapa jam setelah pasangan HL-AV dan rombongan pulang, tiba pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail (MI) – Michael Wattimena (MW) untuk memasukan berkas dokumen pendaftaran di Kantor KPU Provinsi Maluku, sekitar pukul 14.00 Wit.

Pasangan dengan jargon M2 (Maluku Maju) ini, juga diantar sejumlah pimpinan dan pengurus partai pengusung dan ribuan pendukung, dan diiringi tarian sawat dan totobuang.

Dalam keterangan pers, MI berjanji akan bersama MW menjawab semua harapan masyarakat Maluku yang belum diselesaikan. Pasalnya, selama lima tahun memimpin Maluku, masih banyak hal yang belum dapat diselesaikan untuk masyarakat.

“Saya mohon maaf, mungkin lima tahun yang lalu belum mencapai sesuatu yang diharapkan masyarakat Maluku. Tapi Insya Allah saya punya keyakinan ke depan Maluku akan berubah secara signifika,” janjinya.

Dia mengatakan, bahwa Michael Wattimena juga mempunyai pengalaman dan kekuatan jaringan yang kuat di Jakarta. Sebab Michael pernah menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi masalah infrastruktur.

“Dengan pengalaman itu, saya dan Pak Michael akan membangun Maluku yang lebih baik lagi ke depan,” jelas mantan Gubernur Maluku periode 2019-2024 itu.

MI dan MW juga meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Maluku agar keduanya dapat bekerja dengan tuntas demi mewujudkan perubahan Maluku yang lebih baik dan cepat.

“Tolong doakan kita biar kita bisa bekerja dengan tenang, bekerja tuntas, bekerja dengan baik. Insya Allah atas doa rekan-rekan dan semua masyarakat Maluku, kita berjalan dengan baik untuk melakukan lompatan – lompatan yang signifikan ke depan,” harap MI.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Maluku, M. Shadek Fuad, mengakui telah menerima dokumen dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, yakni HL-AV dan MI-MW. Ia memastikan bahwa dokumen persyaratan dua pasangan bakal calon tersebut telah dinyatakan lengkap setelah diteliti.

“Dari dua pasangan bakal calon HL dan AV, kemudian Murad Ismail dan Michael Wattimena, untuk dokumen sudah kita teliti mulai dari persetujuan partai politik, kemudian beberapa dokumen seperti surat pernyataan juga sudah kita teliti, dan dinyatakan lengkap,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Fuad, berkaitan dengan jumlah suara sah partai politik atau gabungan partai politik yang mendukung dua pasangan bakal calon juga sudah diteliti dan semuanya memenuhi persyaratan.

“Kita sudah teliti jumlah suara sahnya itu memenuhi syarat untuk mengajukan bakal pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Maluku,” akui Fuad.

Dikatakan Fuad, kedua pasangan calon tersebut juga sudah diberikan tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan. Setelah itu, KPU akan memverifikasi dokumen persyaratan calon yang diteliti sampai dengan penetapan pada 22 September 2024.

“Dokumen persyaratan calon kita akan teliti sampai 22 September, seluruh dokumen persyaratan pencalonan sudah kita pastikan teliti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya (AAN/ MON)

  • Bagikan

Exit mobile version