Polda dan Kodam Siap Kawal Amankan Pilkada

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Polda Maluku dan Kodam XV/Pattimura siap mengawal dan mengamankan Pilkada Serentak 2024 di Maluku.

Keseriusan dua institusi negara ini sudah dibuktikan dengan pengamanan sejak tahapan pilkada dimulai. Bahkan, untuk memantapkan pengamanan ini, telah dilakukan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan mengatakan, Polri dan TNI bersinergi sampai pentahapan hingga selesainya Pilkada 2024.

“Saya juga berterima kasih kepada Pangdam, Danrem, Danlanud, Danlantamal sudah bisa bekerjasama dengan kita, backup kita dalam pengamanan Pilkada tahun 2024,” kata Kapolda kepada wartawan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin, 26 Agustus 2024.

Pihaknya, kata Kapolda, juga telah menyiapkan seluruh potensi yang dimiliki, baik sarana maupun prasarana.

“Kita sudah mempersiapkan (personel dan peralatan). Kita ada kapal cepat yang berisi 30 personel. Saya juga sudah minta ke Mabes Polri backup kapal yang lebih besar untuk mengcover situasi yang ada di Maluku ini,” jelasnya.

Untuk potensi kerawanan, tambah Kapolda, tidak ada yang rawan selain geografis Maluku. Banyaknya pulau dan luasnya lautan serta rentang kendali berpeluang terjadi kerawanan.

“Kalau potensi kerawanan itu biasa potensi geografis ya. Disampaikan Bawaslu dan teman-teman kita dari KPU juga memang geografis ini karena wilayah laut yang sangat besar 92 persen, sehingga itu menjadi hambatan kita,” terangnya.

Sebelumnya, Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial menjelaskan, TNI dan Polri tetap solid mengamankan Pilkada.

“Saya mengajak seluruh personel TNI-Polri agar berpartisipasi penuh sukseskan pemilu atau Pilkada 2024 ini,” pesan Pangdam saat memimpin Apel bersama Kapolda.

Menurutnya, pilkada memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang bersamaan dan dihadapan dengan kondisi wilayah geografis yang beragam, melibatkan jumlah pemilih yang besar.

“TNI siap membantu dan mendukung Polri dalam pelaksanaan pengamalan mulai tahap persiapan pemilihan dan pasca pilkada nanti,” tandasnya. (AAN)

  • Bagikan