Kapolda Maluku Kunjungi IAIN Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala polisi daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, beserta jajarannya melakukan kunjungan silaturahmi ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kedatangan Kapolda yang didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, S.I.K., S.H., M.Hum,. Dir Intelkam Polda Maluku, Kombespol I Gede Arsana, S.H., S.I.K., Dir Binmas Polda Maluku. KombesPol Deny Abrahams, S.H., S.I.K., Kabid Humas Polda Maluku. Kombes Pol Areis Aminnullah, S.I.K., Kabidkum Polda Maluku, Aria Bakhtiar, dan Auditor TK III Itwasda Maluku, Kombes Pol Dewa Made Sidan Sutrahna S. I. K., disambut oleh Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si beserta jajarannya.

Pertemuan silaturahmi kedua pimpinan beserta jajarannya ini berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Lt II Gedung Rektorat IAIN Ambon.

Mengawali diskusi, Rektor memperkenalkan para pejabat yang ikut dalam kunjungan silaturahmi ini. Ikut mendampingi Rektor, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si, Wakil Rektor II, Dr. Ismail Tuanany, MM, Wakil Rektor III, Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd, Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Anang Kabalmay, M.H, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Husin Wattimena, M.Si, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Abidin Wakano, M.Ag, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd., Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. La Jamaa, MH.I., dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. Abdillah, M.Pd.

Rektor IAIN Ambon, saat menerima Kapolda beserta jajarannya menyatakan, kunjungan ini sangat berarti bagi kedua belah pihak.

“Kami menyambut baik kunjungan Bapak Kapolda dan berharap sinergi antara IAIN Ambon dan Polda Maluku dapat terus terjaga dengan baik. Kerjasama ini penting untuk menciptakan suasana yang kondusif dan aman di lingkungan kampus serta masyarakat sekitar, maupun masyarakat Maluku secara umum,” kesan Rektor.

Rektor menyampaikan prospek perkembangan IAIN Ambon, mulai dari bidang akademik, kelembagaan, kerjasama dan SDM.

Kata Rektor, meskipun merupakan kampus Islam, IAIN Ambon tetap membuka diri untuk menerima masyarakat secara umum dalam menimba ilmu di kampus negeri ini.

Saat ini, lanjut Rektor, IAIN Ambon telah memiliki mahasiswa non-Muslim, bahkan sudah ada alumninya. Sebaliknya untuk pegawai. Ada dosen dan juga pegawai yang non-Muslim. Bahkan, dokter IAIN Ambon yang baru lolos ASN PPPK, non-Muslim. Keterbukaan IAIN Ambon untuk menerima masyarakat tanpa memandang status dan agamanya ini, menjadi bukti bahwa IAIN Ambon merupakan kampus seluruh masyarakat untuk pembangunan sumber daya manusia di provinsi para raja ini.

Rektor juga menyampaikan upaya transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Abdul Muthalib Sangaji Ambon, yang prosesnya tinggal menunggu SK Presiden RI, sebagimana diumumkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, pekan ini.

Sementara Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, juga menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat dari pihak IAIN Ambon.

“Kami berharap hubungan baik ini dapat berlanjut, dan kami siap mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh IAIN Ambon,” ungkap Kapolda.

Kunjungan ini diakhiri dengan diskusi singkat mengenai beberapa program kerjasama yang dapat dijalankan antara IAIN Ambon dan Polda Maluku, diantaranya penyuluhan hukum dan keamanan, serta kegiatan sosial kemasyarakatan. Acara ditutup dengan foto bersama, yang diawali oleh Rektor IAIN Ambon dengan Kapolda, serta seluruh jajaran pimpinan dari kedua instansi yang hadir. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version