500 Mahasiswa Ikut KKN Kebangsaan.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 500 mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) kebangsaan. KKN Kebangsaan di ikuti 70 perguruan tinggi se-Indonesia.

KKN Kebangsaan resmi dibuka Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Dr, Rer Nat Abdul Haris, di Gedung Islami Center, Jumat 26 Juli 2024.

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) kebangsaan.

Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Dr Rer Nat Abdul Haris, mengatakan KKN Kebangsaan membuktikan insan Pendidikan hadir ditengah masyarakat untuk menyelesaikan persoalan.

“KKN Kembangsan terus kita dorong, ini menjadi wahana untuk peserta mengenal dan juga menghargai budaya,” kata Abdul Haris.

KKN Kebangsaan juga diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pelajaran dan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah untuk menumbuhkan ketrampilan.

“Peserta KKN Kebangsaan diharapkan dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam menemukan solusi atas persoalan di masyarakat,” ujarnya.

Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy mengatakan KKN Kebangsaan memiliki nilai positif dan strategi untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila.

Dengan tema memperkokoh nilai kebangsaan dalam mewujudkan desa mandiri yang merupakan target pemerintah.

“Kami berharap adik-adik kita anak-anak kita bisa bertahan membangun desa tempat mereka ber KKN,” ujarnya.

Menurutnya, perguruan tinggi merupakan garda terakhir pembentukan SDM calon pemimpin, sehingga profil Pancasila menjadi satu satunya tujuan dari pembentukan sumber daya pemimpin bangsa.

“Mereka akan menjadi calon pemimpin yang mengerti betul sumber daya desa baik pertanian, perikanan, Pariwisata perkebunan, sumber daya alam yang bisa mereka kembangkan,” jelasnya Dia berharap saat harapan mahasiswa KKN Kembangsan mereka bisa kembali membangun desa yang pernah mereka dedikasi.

“Saya berharap para peserta hari ini bahkan seterusnya, akan melihat Indonesia dari Maluku,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan