Mitsubishi Fuso Perkenalkan Inovasi Truk Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Indonesia*

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Jumlah kendaraan niaga di Indonesia terus meningkat, mencapai 5.934.803 unit pada Mei 2023 menurut data korlantas.polri.go.id. Kondisi ini berdampak signifikan tidak hanya pada perekonomian, tetapi juga pada lingkungan dan kondisi jalan.

Menanggapi tantangan ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia, menyelenggarakan talkshow bertajuk “Melaju Menuju Masa Depan Berkelanjutan Dengan eCanter” di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024 (GIIAS). Dalam acara ini, Mitsubishi Fuso menekankan pentingnya inovasi teknologi dalam kendaraan niaga untuk memberikan kontribusi positif pada lingkungan.

Seluruh kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yang dipamerkan di GIIAS 2024 dilengkapi dengan teknologi emisi Euro 4. Mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Common Rail memberikan tenaga maksimal dan torsi yang lebih tinggi, serta teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler yang mampu menurunkan emisi NOx.

“Kami selalu mendukung kebijakan pemerintah dengan menerapkan teknologi Euro4 di seluruh varian truk kami,” kata Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB.

Inovasi Mitsubishi Fuso berlanjut dengan peluncuran eCanter, truk listrik ramah lingkungan tanpa emisi gas buang, yang membantu mengurangi polusi udara dan mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi karbon.

Bayu Aprizal, General Manager of Product Strategy Unit PT KTB, menjelaskan bahwa eCanter memiliki biaya operasional yang lebih efisien hingga 40%. Biaya listrik untuk pengisian daya jauh lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil, dan eCanter memiliki lebih sedikit komponen bergerak, sehingga biaya perawatan lebih rendah.

“Kehadiran Fuso eCanter di GIIAS tahun ini menunjukkan komitmen kami terhadap inovasi dan regulasi emisi gas buang dari pemerintah,” ujar Aji Jaya.

Mitsubishi Fuso juga menekankan pentingnya keselamatan jalan bagi kendaraan niaga. eCanter dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih seperti Electronic Stability Program (ESP), Land Departure Warning System (LDWS), Accoustic Vehicle Alert System (AVAS), dan Intelligent Headlight Control (IHC). Fitur-fitur ini membantu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keamanan bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

“Kami memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para supir truk dengan fitur-fitur canggih yang ada pada Fuso eCanter,” pungkas Aji Jaya. (br)

  • Bagikan

Exit mobile version