Majelis Latupati Ajak Perangkat Adat Jaga Netralitas

  • Bagikan

Jelang Pilkada Serentak

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Majelis Latupati Kota Ambon, Maluku mengajak kepada seluruh raja di negeri adat menjaga netralitas menjelang pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024.

“Menjelang pilkada kami mengajak para raja untuk bersikap netralitas selama tahapan pilkada berlangsung, ” kata Ketua Majelis Latupati kota Ambon, Reza Valdo Maspaitella, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, mewakili negeri-negeri adat, Majelis Latupati Kota Ambon berkeinginan agar tahapan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Bahawasanya setiap pimpinan dan masyarakat adat di kota ini, memiliki pilihan dan semua dikembalikan pada pilihan masing- masing, tetapi yang pasti harus bersikap netral seperti saat pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Legislatif.

“Pilihan boleh berbeda tetapi harus menjaga netralitas agar tahapan Pilkada berjalan lancar dan damai, ” katanya.

Selain menjaga netralitas pihaknya juga siap mendukung dan membantu TNI dan Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pilkada.

“Hal ini merupakan bagian dari komitmen setiap raja di kota Ambon, dan majelis Latupati juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri, untuk memastikan aspek kamtibmas tetap aman dan lancar, ” ujarnya.

Pihaknya pun mengajak semua pihak berkolaborasi memastikan pelaksanaan pilkada di bumi raja-raja ini berjalan dengan baik, karena pemimpin baik diawali dengan proses pemilihan yang baik.

Ia mengakui, berbicara tentang ketertiban dan keamanan tentunya ini merupakan tugas bersama, baik dari sisi pemerintahan, juga perangkat desa, negeri dan kelurahan.

Bukan hanya dalam rangka pesta demokrasi tapi juga bagaimana kehidupan bermasyarakat untuk senantiasa perlu menjaga ketertiban dan keamanan.

“Karena ketertiban dan keamanan adalah satu modal untuk sebuah pertumbuhan ekonomi, bukan saja digerakkan oleh dana desa dari kementerian atau alokasi dana desa yang bersumber APBD di kota kabupaten atau provinsi,” ujarnya.(ant)

  • Bagikan