Kapolresta Ingatkan Warga Tertib Lalulintas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease resmi melaksakan Operasi Patuh Salawaku 2024.
Operasi falam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban di jalan raya, digelar salama 14 hari mulai tanggal 15-28 Juli 2024.

Kapolresta Ambon, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim berpesan kepada masyarakat, terkhusus pengguna jalan raya agar tetap patuh terhadap aturan-aturan berlalulintas.

” Jangan sampai melanggar (aturan berlalulintas), karena bisa saja berujung pada kecelakaan lalulintas dan sebagainya,” kata Kapolresta kepada Rakyat Maluku usai apel gelar pasukan di halaman Mapolresta, Senin, 15 Juli 2024.

Masyarakat, sambung Kombes Driyano, harus punya kesadaran untuk mawas diri jangan ugal-galan apa lagi sampai mengendarai kendaraan dalam keadaan sudah mengkomsumsi minuman keras.

Driyano mengatakan, operasi Patuh Salawku yang merupakan agenda tahunan Kepolisian yang dilaksanakan serentak secara nasional selama 14 hari yakni terhitung mulai tanggal 15 Juli sampai tanggal 28 Juli 2024 dengan tema operasi ” Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas”.

“ Jadi ini merupakan salah satu operasi bentuknya cipta kondisi terhadap keamanan dan kelancaran dan ketertiban lalulintas khususnya di wilayah Kota Ambon. Dan hari ini (Senin) kita mulai pelaksanaan, dan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan,” akui Driyano.

Dalama operasi dilakukan, Driyano, memastikan sebanyak 200 personel yang dilibatkan melakukan pengamanan selama 14 hari operasi dilakukan.

” Dengan sasaran pelanggaran lalulintas, yang diperioritasnya pelanggaran yang bisa menyebabkan kecelakaan. Karena kita tau, Ambon ini juga rawan terjadi kecelakaan lalulintas, untuk itu perlu ada Langkah-langkah kongkrit guna bisa meminimalisir kecelakaan. Salah satunya, yakni melalui operasih patuh ini,” ujar Kapolresta.

Sebelumnya, Kapolresta Ambon saat membacakan amanah Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, menyampaikan Operasi Patuh Salawaku yang dilaksanakan pasca hari Bhayangkara ke-78 akan dihelat selama 14 hari ke depan. Operasi ini bertujuan untuk mewujudkan ketertiban lalulintas menuju Indonesia emas.

Permasalahan di bidang lalulintas saat ini, kata Kapolresta Ambon, telah berkembang dengan sangat cepat. Hal ini merupakan konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karenanya Polri dituntut harus berperan aktif dalam menciptakan ketertiban berlalulintas. Operasi Patuh Salawaku tahun 2024 juga bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan tingkat kecelakaan lalulintas. Juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Di sisi lain, merupakan Operasi Harkamtibmas di bidang lalulintas yang mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan penegakan hukum lalulintas baik secara elektronik atau dengan blangko teguran.

“Sasaran operasi yakni para pelanggar lalulintas baik itu pengemudi mobil atau pengendara sepeda motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, masih di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan safety belt dan melawan arus atau dalam keadaan mabuk,” cetus Kapolresta, membacakan amanat Kapolda.

Driyano, juga kepda personal menyebutkan Kapolda juga meminta para personel di lapangan agar dapat melaksanakan deteksi dini lidik dan pemetaan terhadap lokasi tempat rawan macet, pelanggaran dan yang berpotensi terjadinya lakalantas.

Kemudian laksanakan binluh (bimbingan dan penyuluhan) kepada masyarakat tentang Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas) melalui giat sosialisasi, pemasangan spanduk atau banner baik melalui media cetak elektronik maupun media massa serta laksanakan edukasi dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Laksanakan penegakan hukum secara elektronik statis dan mobile serta berikan teguran simpatik dan humanis kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Petugas juga diminta untuk tidak melakukan perbuatan negatif ke masyarakat yang melanggar kode etik Polri dan melaksanakan kegiatan operasi untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama,” tandasnya. (AAN)

Kapolresta Ambon Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Salawaku 2024.

  • Bagikan