Hasil Survei, Elektabilitas Muuti Matdoan Tertinggi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Data terbaru terkait elektabilitas Bakal Calon Wali Kota Tual jelang Pilkada 2024 atau Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tual, Maluku 2024 berdasarkan hasil survei telah selesai.

Terdapat tujuh bakal calon Wali Kota Tual yang elektabilitasnya cukup tinggi.

“Kami telah mengeluarkan hasil summary survei elektabilitas 7 bakal calon Wali Kota Tual. Data menunjukan, bakal calon Wali Kota Tual Muuti Matdoan memiliki elektabilitas yang paling tinggi diantara bakal calon wali kota lainnya,” kata Direktur Eksekutif Masika ICMI Research Center Gemah Putra lewat siaran pers yang diterima media ini Jumat (12/7/2024).

Menurut Gemah, ada 7 bakal calon Wali Kota Tual yang mengemuka namanya dalam survei. Muuti Matdoan 20,1 persen, Muhammad Roem Ohoirat 15,3 persen, Usman Tamnge 13,4 persen, Akhmad Yani Renuat 11,7 persen, Hari Suharto Tamher 9,8 persen, Amir Rumra 8,8 persen dan Zainal G Kabalmay 7,6persen. Sedangkan ada Undecided Voters (kelompok pemilih) berada atau menunjukkan 13,5 persen.

Dalam kontestasi Pilwalkot Pemilihan Wali Kota Tual secara prosedur administrasi masih berada pada fase perebutan rekomendasi dan dukungan dari partai politik atau tahapan pra kampanye pilkada.

“Di satu sisi lainnya, ada undecided voters atau masyarakat yang belum menentukan pilihannya dan itu masih sangat tinggi karena fase pilkada baru dimulai,” kata Gemah.

Ke depan, kata Gemah, pertarungan akan sangat kompetitif dan hal itu bergantung pada perolehan rekomendasi.

“Apalagi, yang akan maju bertarung dalam Pemilihan Wali Kota Tual hanya akan diikuti oleh dua atau tiga pasangan calon Wali Kota Tual,” ujarnya.

  • Bagikan