Rustam Fakaubun: Mari Kedepankan Politik Santun

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Rustam Fakaubun menilia ada upaya menjatuhkan Kedibilitas mantan Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun (MTH).

Hal ini diketahui ketika ada oknum atau sekelompok orang diduga mendatangi sejumlah DPP partai politik untuk menjatuhkannya dengan harapan MTH tidak diberikan remomendasi.

“Namun hal itu tidak terjadi karena MTH telah mengantongi sejumlah rekomendasi partai. Bahkan telah memilih bakal calon wakilnya dan siap maju kembali sebagai Bupati Malra,” kata Rustam Fakaubun kepada rakyatmaluku.fajar.co.id, Rabu (10/07/2024).

Dia menduga, isu yang dibawaka oknum-oknum itu ke DPP partai politik, terkait dana Civid-19. Padahal, persoalan ini, sambung dia, MTH telah menunjukan sikap kooperatif beliau selama proses itu berjalan di Polda Maluku.

“Dan dari segi hukum beliau sangat berhak untuk mencalonkan diri sbgai kepala daerah. Namun ada saja oknum-oknum yang sengaja menjadikan proses hukum tersebut sebagai alat untuk menyudutkan MTH seolah-olah beliau telah dibatasi undang-undang,” jelasnya.

Karena itu, ia mengimbau kepada tim sukses dan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malra agar menjunjung tinggi hak demokrasi setiap anak bangsa khususnya figur-figur terbaik Mata yang kini sedang merebut rekomendasi parpol sebagai syarat menjadi calon kepala daerah.

“Saya imbau hal ini setelah memperhatikan opini berapa pekan terakhir, khususnya isu-isu yang datang dari lawan-lawan politik MTH (M Thaher Hanubun), yang kini mencalonkan dirinya kembali di Pilkada 2024 ini. Mari kita kedepankan politk santun,” tandas dia.

  • Bagikan