Pemprov dan Perguruan Tinggi Se-Maluku Tandatangani Kesepakatan

  • Bagikan

Wujudkan Stabilitas Geopolitik dan Geokonomi Kawasan Timur Indonesia

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Penjabat (Pj) Gubernur Sadali Ie melakukan penandatanganan kesepakatan bersama 36 Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, dan Agama yang ada di Provinsi Maluku, usai membuka Regional Meeting Pimpinan Perguruan Tinggi se-Provinsi Maluku, dengan Tema “Peran Strategis Perguruan Tinggi di Wilayah Maluku bagi Stabilitas Geo Politik dan Geo Ekonomi Kawasan Timur Indonesia”, yang berpusat di Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Selasa, 2 Juli 2024.

Pj Gubernur dalam sambutannya menyambut baik agenda penandatangan kesepakatan bersama tersebut. Menurutnya, secara substansi kesepakatan bersama ini sangat penting untuk ditindak lanjuti.

“Namun kita pun harus tetap mengedepankan tata cara dan prosedur administrasi secara benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, sehingga tidak berdampak hukum apapun di kemudian hari,” katanya.

Dijelaskan, Regional Meeting University Leader dalam rangka memperkuat sinergitas antara Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan sebagai wujud peran dan kontribusi bersama Perguruan Tinggi dalam mengusahakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, akan benar-benar mampu memberikan ide, gagasan dan solusi yang cemerlang.

“Hal ini menjadi penting guna menjawab tantangan perubahan zaman dan perkembangan teknologi tinggi yang begitu dinamis, sehingga turut mempengaruhi aspek geopolitik dan geoekonomi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” harpa Pj Gubernur.

Dirinya juga berharap, kegiatan ini akan melahirkan rumusan akademis yang implementatif tentang pengembangan IPTEK, SDM dan Infrastruktur, pengelolaan sektor unggulan (perikanan, pertanian dan pariwisata), dengan tetap melihat kekuatan pada aras lokal yang turut menentukan kontribusi historis masyarakat Maluku dalam pembangunan nasional.

“Pemerintah Daerah tentunya sangat membutuhkan kerangka pikir dan kajian akademis yang konstruktif untuk kemajuan daerah. Untuk itu, atas nama pribadi, keluarga dna Pemerintah Provinsi Maluku, saya mengucapkan selamat berdiskusi untuk menghasilkan karya-karya besar yang berguna bagi Perguruan Tinggi dan masyarakat Maluku,” pungkas Pj Gubernur.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Provinsi Maluku, Rektor Unpatti, narasumber dari nasional maupun lokal, Bupati Walikota se-Maluku, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Maluku, Pimpinan DPRD Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota, Ketua KNPI Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Ketua BEM Perguruan Tinggi se-Maluku, serta stakeholder terkait. (RIO)

  • Bagikan