HL – RU Pasangan Saling Menguntungkan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pengamat Politik asal Universitas Pattimura (Unpatti) Said Lestaluhu, menilai Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku Hendrik Lewerissa (HL) jika dipasangkan dengan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku Ramly Umasugi, sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2024-2029, saling menguntungkan.

Sebab, koalisi Partai Gerindra dan Partai Golkar telah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkada Maluku. Dimana, pasangan bakal calon yang maju minimal mengantongi sembilan kursi di DPRD Maluku.

“Perolehan kursi Partai Golkar di DPRD Maluku sebanyak empat. Kalau ditambah dengan lima kursi dari Partai Gerindra, maka pasangan HL dan RU telah memenuhi syarat pencalonan. Apalagi, kita lihat Pak HL selama ini belum temukan pasangan, kebetulan sekarang ketemu dengan Pak Ramli. Jadi memang saling menguntungkan,” kata Lestaluhu, kepada koran ini, Selasa 2 Juli 2024.

Meski saling menguntungkan, kata Lestaluhu, namun soal dukungan tetap berpatokan pada hasil survei di lapangan. Sehingga, dapat menjadi pertimbangan bagi kedua partai terbaru.

“Karena memang bertarungan ini sangat kompetitif. Dan kalau misalnya Pak Hendrik lolos, berarti ada sekitar tiga atau empat pasang calon gubernur,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jika melawan bakal calon incumbent Murad Ismail basis pemilih akan terbelah. Karena masing-masing punya basis, sehingga harus ada strategi yang betul-betul meyakinkan pemilih.

“Apalagi wilayah kita kan wilayah kepulauan. Kabupaten/kota di pulau-pulau Ada 11 kabupaten kota itu memang menjadi hal yang harus bekerja keras bagi kandidat,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan