Pastikan Data Pemilih 2024, Bawaslu Maluku Launching Posko Kawal Hak Pilih

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku melaunching posko aduan masyarakat kawal hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, di Swissbell-hotel, Kamis 27 Juni 2024. Saat ini petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di 11 kabupaten/kota di Maluku tengah melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan.

“Untuk mengawasi itu, penting untuk kita membuka posko aduan hak pilih. Nah, itu yang kita lakukan hari ini,” kata Ketua Bawaslu Maluku, Subair, kepada wartawan.

Menurut Subair, Coklit dilakukan untuk memastikan data-data daftar pemilih menuju Pilkada serentak 27 November 2024.

“Pelaksanaan coklit dilakukan selama satu bulan terhitung sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024,” ujarnya.

Dia mengakui, sebagai lembaga yang diberi kewenangan pengawasan, perlu untuk mengawasi setiap tahapan dan pelaksanaan Pemilu.

Apalagi, Bawaslu memandang bahwa Coklit merupakan tahapan yang paling krusial.

“Jika ini tidak mendapat pengawalan serius, ditakutkan ada masyarakat yang kemudian tidak didata sebagai pemilih pemilu. Kita benar-benar pastikan semua warga bisa ditemui untuk dilakukan coklit,” jelasnya.

Lanjut Subair, posko aduan hak pilih tersebar di 11 kabupaten/kota yang ada di Maluku. Posko dibangun mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

“Posko ini siap menampung keluhan yang disampaikan masyarakat. Tapi terkait dengan tahapan coklit,” ucapnya

Misalnya, jika sampai akhir batas coklit, ada warga yang tidak pernah didatangi pantarlih untuk proses coklit, bisa diadukan ke posko aduan hak pilih atau jajaran Bawaslu terdekat.

“Atau kalau ada stiker coklit yang tertempel di dinding atau pintu rumah tapi orangnya tidak pernah didatangi pantarlih, itu juga bisa diadukan ke Bawaslu,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan