Pohon Tumbang, Pemangku Kepentingan Segera Bertindak

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Para pemangku kepentingan di Kota Ambon diminta perlu melakukan pemantauan atas sejumlah pohon yang berisiko tumbang di pinggir jalan di kota ini. Sudah banyak kasus terjadi akibat pohon tumbang membuat para pengendara menjadi korban bahkan ada yang meninggal dunia di tempat gara-gara tertimpa pohon di jalanan.

“Sebagai warga kota kami meminta pihak Pemkot Ambon perlu melakukan evaluasi dan pemantauan di lapangan untuk segera menebang pohon-pohon yang berisiko tumbang. Sebab sudah banyak yang meninggal dunia gara-gara pohon roboh,” ujar M.Abjan Yahya, warga Air Kuning, Kota Ambon, Rabu, (26/6/24).

Terbaru kasus yang terjadi di Kawasan Tawiri hingga membuat sang sopir meninggal di tempat setelah mobil Avanza yang dikendarainya tertimpa pohon bersama mobilnya.

Dan, yang terbaru juga terjadi hal serupa di Kawasan Hunut sebagaimana dalam tangkapan layar kamera dalam gambar ini terlihat jalan raya tertutup hingga membuat jalur di jalan tersebut macet.

Sebelumnya juga kita pernah menyaksikan terjadi hal serupa di perempatan dekat gedung BCA-kantor gubernur, juga di Kawasan Galunggung hingga membuat pengendara terperangkap di tengah batang pohon bersama motor.

Begitu banyak terjadinya resiko pohon tumbang, kata dia, seolah belum diikuti oleh langkah-langkah taktis dari pihak pemangku kepentingan untuk menebang atau melakukan peremajaan pohon-pohon di pinggir jalan di kota ini. Sebab masih terlihat begitu banyak pohon di pinggir jalan di kota ini dalam posisi miring ke badan jalan. “Padahal itu terjadi di hadapan mata,” ujarnya.

Ia berharap perlu ada keseriusan oleh pihak terkait untuk secepatnya melakukan koordinasi menebang pohon-pohon yang berisiko bagi pengendara untuk ditebang dan diikuti oleh peremajaan.

Pohon-pohon yang berisiko tumbang selain yang disebutkan di atas, juga terdapat di kawasan Jalan Raya Halong. Pun di seputar Jalan Raya Kampus UNPATTI.

“Begitu banyak pohon yang rimbun dalam posisi miring. Ini sangat berisiko bila tidak segera ditebang,” ujarnya lagi.

Ia berharap sebelum kasus yang sama memakan korban jiwa yang lain, para pemangku kepentingan agar segera turun ke lapangan diikuti pemangkasan pohon-pohon yang beresiko roboh di sejumlah ruas jalan di kota ini.

Ia meminta pula agar sejumlah pohon di jalan menuju Kampus IAIN, termasuk di depan Jalan Gondal, Kebun Cengkeh, dan Tanjakan 2000 juga harus mendapat atensi oleh pihak terkait di Pemkot Ambon demi keselamatan pengendara dan pejalan kaki.(*)

  • Bagikan