Kapolda: Semoga Kurban Jadi Berkah bagi Sesama

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, salat Idul Adha 1445 Hijriyah bersama anggota dan masyarakat di Masjid At-Taqwa Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin, 17 Juni 2024.

Saat melaksanakan salat sunat dua rakaat tersebut, Kapolda Irjen Latif didampingi oleh sejumlah pejabat utama dan keluarga besar anggota Polda Maluku yang beragama Islam serta masyarakat sekitar.

Bertindak sebagai khatib Ustadz Husein Asiz Arbi. Sementara imam salat Zainuddin Wakan.

Ustadz Husein Asiz Arbi. Lc dalam khotbahnya mengajak seluruh jamaah agar dapat mengikuti keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam AS dan Nabi Ismail. Nabi Ibrahim dan Ismail sangat taat kepada perintah Allah SWT, mesti harus menyembelih anaknya Nabi Ismail. Karena ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah SWT, kemudian mengganti penyembelihan dengan seekor kambing.

“Apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang muslim yang taat kepada perintah Allah SWT,” pintanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku saat penyerahan dan penyembelihan hewan kurban di pelataran Masjid At-Taqwa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berkontribusi, dan menitipkan kegiatan kurban di Masjid At Taqwa.

“Semoga amal dan ibadah kurban kita sekalian diterima Allah SWT dan menjadi berkah untuk sesama yang membutuhkannya,” kata Kapolda.

Kapolda berharap agar daging kurban nanti disaluran kepada orang yang betul-betul berhak menerimanya.

“Saya berharap agar hewan kurban yang disembelih, dagingnya dapat disalurkan sesuai syariat Islam kepada para kaum duafa, anak yatim, dan orang-orang yang berhak untuk menerimanya sehingga di hari yang baik semua merasakan kebahagiaan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ,” tambahnya.

Setelah salat Idul Adha, Kapolda menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada panitia untuk disembelih dan dilanjutkan penyembelihan ke 12 ekor sapi dan kambing lainnya.

Pada pelaksanaan kurban tahun ini, Polda Maluku mengurbankan 38 hewan terdiri dari 32 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang diperoleh dari sumbangan baik dari Kapolda Irjen Lotharia Latif maupun para pejabat utama Polda Maluku.

Terpisah Plt Kabid Humas Polda Maluku AKBP Aries Aminnullah mengatakan, Polda Maluku menyalurkan hewan kurban sebanyak 38 ekor bagi sejarah masjid, yayasan dan pesanan di Kota Ambon.

“Yang didistribusikan ke 17 Masjid, 2 Yayasan dan 2 pesantren adalah 19 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Kemudian yg dipotong di Masjid At-Taqwa Polda Maluku ada 13 ekor sapi dan 4 Kambing Jadi total ada 38 hewan kurban,” kata Kabid Humas. (AAN)

  • Bagikan