Ayo Wujudkan Pilkada Aman dan Damai

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pentahapan Pilkada sudah dimulai. Agar terciptanya Pilkada aman dan damai, serta menghasilkan kepala daerah yang berkualitas di Maluku, maka Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) harus sinergi, solid dan netral.

“Kita yang hadir di sini diberikan amanah dan kepercayaan oleh rakyat dan pemerintah untuk meyelenggarakan dan mengamankan Pilkada serentak tahun 2024, sehingga kita harus profesional, netral dan bekerja dengan maksimal sesuai aturan yang ditetapkan,” tutur Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, saat Rapar Koordinasi (Rakor) Forkopimda di aula Hotel Santika, Selasa, 11 Juni 2024.

Kapolda mengaku, jumlah aparat pemerintah di Maluku belum ideal dibandingkan kerawanan yang ada, sehingga perlu kerja sama dan pertisipasi semua tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda dalam pelaksanaannya nantinya.

“Kita tahu saat ini jumlah personel TNI dan Polri serta Satpol PP di Maluku sangat terbatas dan harus menghadapi ancaman, hambatan dan gangguan, banyak rintangan geografis yang cukup ekstrim maupun masalah kriminalitas,” katanya.

Meski dengan kondisi yang cukup ekstrem tersebut, nyatanya Pilpres dan Pileg dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak lepas dari sinergitas dan soliditas aparat pemerintah yang kuat sehingga semuanya dapat diatasi dengan baik dan cepat.

Irjen Latif mengajak semua komponen terkait dapat bersama-sama mengantisipasi potensi kerawanan di Maluku dengan baik. Agar pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan secara aman, damai dan lancar.

“Kita sudah dengar bersama bahwa untuk KPU, Bawaslu dan keamanan dari TNI dan Polri telah mendapatkan anggaran dari pemerintah, maka kita wajib menyelenggarakan dan mengamankan Pilkada serentak dengan aman dan damai,” pintanya.

Di sisi lain, Irjen Latif juga menyampaikan bahwa dalam politik semua bisa berjalan dengan dinamis. Yang utama semua pihak memberikan pembelajaran politik yang santun,sejuk dan cerdas kepada masyarakat .

“Mari kita tetap merajut kebersamaan dan persaudaraan dalam persatuan dan kesatuan untuk membangun Maluku yang kita cintai ini,” harapnya.

Menjelang pesta demokrasi di Maluku, Kapolda kembali mengingatkan personel Polri, TNI dan Pemda agar berkolaborasi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Kepada penyelenggara pilkada Saya juga berharap agar dapat memastikan kesiapan personelnya sesuai protap yang ada untuk meminimalisir adanya komplain di lapangan akibat anggota yang tidak paham. Saya juga meminta agar pastikan logistik pemilu tetap aman dan dalam pendistribusiannya di lapangan juga dapat berjalan lancar dan cepat,” pungkasnya.

Kasdam XV Pattimura, Brigjen TNI Nefra Firdaus Lubis mengharapkan agar sinergitas dan kolaborasi antar TNI Polri serta semua stakeholder terkait di Maluku dapat di tingkatkan.

“Kodam XV Pattimura siap untuk memberikan bantuan kepada Polda Maluku, Ini untuk mendukung jalannya pelaksanaan pilkada serentak yang aman dan damai di wilayah Maluku,” ucapnya. (AAN)

  • Bagikan