Alexander Waas Ingin Bawa Perubahan Bagi Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bakal Calon Wali Kota Ambon, Annes Alexander Yunius Waas, S.H., M.M atau yang akrab disapa Bung Lex mengatakan, bahwa dirinya sangat ingin mewujudkan mimpinya untuk membawa perubahan bagi Kota Ambon. Sebab, dirinya melihat banyak persoalan yang sering kali terjadi tanpa ada solusi dari Pemerintah Daerah Kota Ambon.

“Saya merasa terpanggil untuk bisa membuat perubahan bagi kota ini,” kata Bung Lex, usai mengikuti fit and proper tes (uji kelayakan dan kepatutan) bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang digelar DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku di Swissbell-hotel Ambon, Senin, 3 Juni 2024.

Menurut Bung Lex, berbagai persoalan yang sering kali terjadi itu di antaranya masalah sampah yang sampai saat ini belum dapat diatasi. Bukan hanya itu, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan pengelolaan anggaran (APBD) pun belum berjalan optimal.

“Masalah sampah dan air bersih juga masih menjadi persoalan klasik tanpa ada solusi jitu. Maka itu, saya sangat prihatin karena belum melihat satu kemajuan yang signifikan terjadi di Kota Ambon,” ungkap Advokat muda itu.

Dikatakan Bung Lex, Kota Ambon mempunyai potensi untuk mengatasi semua masalah tersebut, namun pemerintah daerah terlihat masih suka bergantung pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Jika pemerintah hanya mengandalkan APBD dan mengeluh jumlah anggaran yang kurang dari pemerintah pusat, maka Ambon tidak akan maju,” ujarnya.

Jika ingin memimpin Kota Ambon, kata Bung Lex, harus mempunyai relasi dan akses ke pusat. Silain itu, membangun kedekatan dengan investor besar.

“Datangkan program yang bersumber dari APBN. Dari situ barulah kesejahteraan itu dapat meningkat secara bertahap,” paparnya.

Dia mencontohkan, di daerah Jawa, pemerintah bekerjasama dengan investor dalam kaitan dengan pengelolaan sampah. Dimana, sampah-sampah tersebut dibuat jadi bernilai.

“Baik itu sampah organik, non organik, limbah B3, jika bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai, kenapa tidak. Dan itu yang dilakukan di Jawa. Ambon harus juga seperti ini,” jelas Bung Lex.

Olehnya itu, jika rakyat Kota Ambon memberikan amanah kepadanya untuk menjabat Wali Kota Ambon, maka ia berjanji akan merealisasikan Ambon sejahtera dan maju menjadi poin utama.

“Ini yang menjadi poin utama jika kedepan saya terpilih memimpin Kota Ambon, saya pasti akan buat perubahan,” janji Bung Lex.

Ditanya siapa bakal calon wali kota yang akan mendampinginya di Pilkada Kota Ambon 2024 ini, Bung Lex mengaku belum ingin tergesa-gesa menentukan calon wakilnya, apalagi dirinya masih berproses di Partai NasDem dan Partai Gerindra.

“Itu soal nanti, sebab politik itu dinamis. Saya tidak mau tergesa-gesa menentukan calon wakil. Apalagi kita juga masih bakal calon, belum calon yang resmi ditetapkan oleh KPU. Jadi tidak usah terburu-buru,” pungkasnya. (MON/ RIO)

  • Bagikan