PJ Wali Kota Ambon sampaikan delapan kebijakan prioritas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus Kaya menyampaikan delapan kebijakan prioritas selama menjabat kepada jajaran DPRD setempat.

“Sesuai dengan aturan setelah dilantik salah satu kewajiban yaitu melakukan pidato perdana sebagai penjabat Wali Kota Ambon di hadapan DPRD selaku representasi rakyat dengan menyampaikan delapan hal-hal penting yang diprioritaskan untuk dikerjakan ke depan,” katanya di Ambon, Selasa.

Delapan kebijakan tersebut yakni, pertama memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Ambon serta menjaga netralitas ASN.

Kedua, melakukan penanganan inflasi di Kota Ambon dan menjaga agar angka inflasi tetap terkendali. Ketiga, melakukan penanganan dan penurunan angka stunting di Kota Ambon.

Keempat, melakukan penanganan dan pengelolaan sampah serta menjaga kebersihan dan keindahan kota. Kelima, melakukan upaya pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Ambon.

Selanjutnya keenam, berupaya dalam menyelesaikan masalah pedagang di Pasar Mardika, melakukan penguatan birokrasi pemerintahan melalui pengisian jabatan-jabatan yang lowong.

Dan ke delapan, melakukan penguatan pada enam urusan wajib pelayanan dasar, tetap yang paling utama dari semua itu adalah terkait pilkada.

“Pilkada menjadi sebuah amanat kerja yang memang agenda nasional dan sangat strategis untuk menjamin keberlanjutan jalannya pemerintahan bukan saja di kota ini, di Provinsi Maluku,” katanya.

Disinggung terkait terjadinya keberpihakan dalam politik praktis yang bisa dilakukan oleh ASN, dirinya menegaskan, akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jika ada laporan dan sesuai aturan akan diproses aturan kepegawaian, netralitas ASN tetap ditegakkan.

“Kita sudah dijanjikan oleh pemerintah pusat ketika menerima SK (penjabat), harus tegak lurus sebab ini bukan jabatan politis,” katanya.

Penjabat berjanji selama masa tugas ke depan, tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan delapan kebijakan prioritas tersebut akan dilaksanakan dengan benar, serta melanjutkan apa yang telah dibuat oleh penjabat sebelumnya.

“Intinya apa yang saya sampaikan dapat saya lanjutkan yang sudah dilakukan oleh penjabat sebelumnya, kita benahi yang masih kurang-kurang apa yang perlu diperkuat lagi supaya lebih baik ke depan,” ujarnya. (ANT)

  • Bagikan